News & Events

antijamur

KULIT MANGGIS SEBAGAI ANTI JAMUR

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 28, February, 2017


Kulit buah manggis memang sangat berkhasiat untuk memperbaiki kualitas kesehatan manusia yang baik dikonsumsi berbagai kalangan umur. Kulit buah manggis dikenal sebagai ratunya kulit buah dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak. Dibalik rasa pahit dan berwarna merah ini terdapat beribu khasiat yang kesemuanya sangat baik untuk menunjang kesehatan. Bagaimana dengan efek kulit manggis sebagai anti jamur?

Selain dapat berfungsi sebagai anti inflamasi, anti kanker, anti bakteri, mengatasi alergi dan menangkal radikal bebas, kulit manggis juga berfungsi sebagai anti jamur. Beberapa penelitian efek kulit manggis terhadap pertumbuhan jamur patologis (menyebabkan penyakit) pada manusia ternyata juga membawa kabar positif.

Penelitian yang dilakukan oleh Gopalakrishnan et al. (1997) melaporkan bahwa senyawa xanton mangostin dari kulit buah manggis mampu berfungsi sebagai anti jamur, dengan menghambat pertumbuhan jamur patogenik seperti: Fusarium oxysporum vasinfectum, Alternaria tenuis, dan Dreschlera oryzae.

Alternaria tenuis yang memiliki nama lain Alternaria alternata Alternaria fasciculata, Alternaria rugosa, Macrosporium fasciculatum, dan Torula alternata adalah jamur yang telah diketahui menyebabkan bercak daun dan penyakit lainnya di lebih dari 380 spesies tanaman. Ini adalah patogen oportunistik pada banyak host menyebabkan bercak daun, busuk dan kudis pada banyak bagian tanaman. Jamur ini juga dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas dan asma pada manusia dengan kekebalan tubuh lemah.

Drechslera oryzae atau Helminthosporium oryzae adalah jamur yang dapat menyebabkan penyakit bercak coklat pada tanaman padi. Penyebaran penyakit ini disebabkan oleh benih yang terinfeksi, angin dan sisa tanaman yang terserang.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com