News & Events

Herbal-Medicine

KONSUMSI HERBAL SAAT MENYUSUI? OKE ATAU TIDAK?

Posted by Ernest Admin on Sunday, 12, March, 2017


Apakah konsumsi herbal saat menyusui cukup aman? Dewasa ini telah sering kita temukan berbagai obat herbal beredar dipasaran. Mulai dari obat untuk stamina, multivitamin maupun untuk mengobati berbagai penyakit. Tak ketinggalan, tentu banyak juga obat herbal yang ditujukan untuk ibu- ibu menyusui sebagai suplemen pelancar ASI.

Bagaimana seharusnya kita menanggapi maraknya konsumsi herbal ini? menerima begitu saja apa yang diiklankan tentu tidak bijaksana, meskipun herbal, suatu substansi tidak serta merta aman. Herbal pun juga adalah obat, sehingga harus diperhatikan indikasi dan kontra indikasinya. Disisi lain menolak penggunaan herbal juga tidak bijak karena nyatanya banyak obat herbal telah membuktikan khasiatnya.

Berbicara mengenai herbal untuk ibu menyusui, berikut adalah beberapa saran untuk ibu ketika mempertimbangkan konsumsi herbal pelancar ASI, dari Ruth A. Lawrence, MD (penulis Menyusui: Sebuah Panduan untuk Profesi Kedokteran):

  • Hindari teh herbal yang mengandung bahan farmakologi aktif. Minumlah teh herbal hanya dalam jumlah sedang.
  • Batasi asupan herbal yang menggabungkan beberapa bahan aktif.
  • Selalu periksa label. Bahkan vitamin dan echinacea sederhana mungkin berisi tumbuh-tumbuhan yang tidak boleh digunakan oleh ibu menyusui.
  • Gunakan hanya merek terpercaya yang memiliki bahan-bahan dan konsentrasi yang ditulis dengan jelas pada label, serta tanggal kedaluwarsa dan nama produsen dan distributor.
  • Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkosumsi obat herbal bila anda mengkonsumsi obat lain dari dokter.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com