News & Events

refluks 5

KOMPLIKASI REFLUKS CAIRAN EMPEDU

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 19, July, 2017


Komplikasi refluks cairan empedu. Bila dibiarkan begitusaja tanpa penanganan yang mencukupi. Komplikasi refluks cairan empedu dapat terjadi. Berikut komplikasi refluks cairan empedu yang dapat terjadi:

  • Umum: Refluks empedu menyebabkan kerusakan pada lapisan perut (disebut gastritis), yang bisa berlanjut sampai sakit maag, pendarahan, dan kanker perut. Refluks empedu sering terjadi pada pasien yang juga memiliki acid reflux. Kombinasi empedu dan asam surutnya nampaknya sangat berbahaya, meningkatkan risiko kerusakan esofagus, termasuk kondisi seperti kerongkongan Barrett dan kanker kerongkongan.
  • Asam surutnya: Hal ini tidak biasa untuk refluks empedu dan acid reflux terjadi pada saat bersamaan. Dalam hal ini, baik asam lambung dan empedu mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan mulas dan peradangan yang terus menerus yang merusak kerongkongan dari waktu ke waktu.
  • Barrett’s esophagus: Barrett’s esophagus disebabkan oleh paparan asam lambung jangka panjang atau kombinasi asam dan empedu. Seiring waktu, ada perubahan warna dan komposisi sel yang melapisi bagian bawah kerongkongan. Sel-sel yang berubah ini memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kerongkongan.
  • Kanker esofagus: Kanker esofagus disebabkan oleh pertumbuhan tumor di sepanjang kerongkongan. Karena mungkin tidak didiagnosis sampai stadium lanjut, kanker kerongkongan hampir selalu berakibat fatal. Ada beberapa kontroversi mengenai apakah ada kaitan antara empedu dan acid reflux dan kanker kerongkongan. Dalam penelitian pada hewan, refluks empedu sendiri telah terbukti menyebabkan kanker kerongkongan.
  • Penyempitan esofagus: Paparan berulang terhadap asam lambung, empedu atau keduanya dapat menyebabkan jaringan parut terbentuk di esofagus bagian bawah. Jaringan parut ini dapat menyebabkan kerongkongan menyempit, mengganggu tertelan dan meningkatkan risiko tersedak.
  • Gastritis: Bila empedu kembali ke perut dari usus kecil, perut menjadi teriritasi dan meradang, suatu kondisi yang dikenal sebagai gastritis. Gastritis yang tidak diobati dapat menyebabkan sakit maag, pendarahan, dan kanker perut.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com