News & Events

Khasiat Buah Mengkudu untuk Hipertensi

Khasiat Buah Mengkudu untuk Hipertensi

Posted by alamaya on Tuesday, 7, April, 2015


Mengkudu (Morinda citrifolia L) atau yang dikenal dengan nama pace (noni) ini adalah tanaman obat yang banyak tumbuh disekitar kita. Tanaman ini tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 1500m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Sempat booming sebagai tanaman obat favorit beberapa tahun lalu, bahkan sekarang pun masih dikonsumsi karena banyaknya khasiat yang dimiliki mengkudu sehingga masih layak diperhitungkan sebagai tanaman obat andalan. Khasiat buah mengkudu untuk Hipertensi dan kesehatan jantung sudah banyak diteliti oleh para ahli kesehatan dunia. Begitu banyak riset dilakukan untuk mendapatkan obat yang paling manjur untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Para ahli menyepakati bahwa diantara buah-buahan yang lain, buah mengkudu merupakan buah yang mampu menurunkan tingkat resiko serangan jantung. Zat-zat penting dan nutrisi yang terkandung dalam buah mengkudu dapat memperkuat jantung, melancarkan peredaran darah dan oksigen. Dengan demikian jantung menjadi lebih sehat. Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan memang tidak main-main. Dibalik rasanya yang pahit dan baunya yang tidak enak tersimpan jutaan khasiat buah mengkudu untuk Hipertensi terutama sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah. Buah mengkudu mengandung scopoletin yang bekerja mengikat serotonin yang berlebihan dan menyebabkan penurunan tekanan darah. Khasiat ini telah dibuktikan dengan penelitian oleh Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo guru besar Farmasi UI (2004) yang melakukan uji pre-klinis terhadap mencit di laboratorium menunjukkan hasil yang baik bahwa “Mengkudu sudah terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi”.
Khasiat buah mengkudu untuk Hipertensi didasarkan pada buah mengkudu yang memiliki kandungan sejenis fitonutrien yang fungsinya memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal ini tentu berefek pada jantung dimana jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah sehingga tekanan darah menjadi normal. Selain itu fitonutrien dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki sel-sel didalam tubuh. Ahli lain dari Universitas Stanford, Universitas Hawaii, University of California (UCLA), Union College of London, Universitas of Meets di Perancis juga telah mempelajari mengkudu dan setuju bahwa tanaman ini sangat berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dalam banyak kasus. Untuk itu bagi anda yang memiliki masalah tekanan darah, dapat mengkonsumsi mengkudu ini sebagai obat alami untuk menyembuhkan tekanan darah.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com