News & Events

insulin 11

KENAPA INSULIN PERLU DICAMPUR?

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 28, March, 2017


Kenapa insulin perlu dicampur? Banyak orang dengan diabetes harus menggunakan insulin untuk menjaga gula darah mereka dalam batas normal. Insulin umumnya digunakan dengan disuntikkan. Ini  dapat menakutkan bagi sebagian orang, terutama untuk pertama kalinya. Namun sebenarnya suntikan insulin tidak menyakitkan karena jarum pendek, tipis dan suntikan insulin ditempatkan ke dalam jaringan lemak di bawah kulit. Ini disebut injeksi subkutan.

Dalam beberapa kasus, dokter meresepkan dosis campuran insulin. Ini berarti mengambil lebih dari satu jenis insulin pada waktu yang sama. Insulin perlu dicampur untuk memungkinkan Anda untuk memiliki keuntungan dari kedua jenis insulin yaitu short-acting bersama dengan insulin long acting – tanpa harus memberikan 2 tembakan terpisah.

Selalu melihat insulin Anda sebelum Anda menyuntikkan. Jika Anda menggunakan insulin reguler (Humulin R, Novolin R), insulin harus bening, tidak berwarna, dan cair seperti air. Jangan menggunakan jenis insulin ini jika tampak berawan, menebal, atau berwarna, atau jika memiliki partikel padat.

Jika Anda menggunakan insulin NPH (Humulin N, Novolin N) atau insulin premixed yang berisi NPH (Humulin 70/30, Novolin 70/30), insulin akan muncul seperti berawan atau seperti susu setelah Anda mencampurnya.  Jangan menggunakan jenis insulin ini jika ada gumpalan dalam cairan atau jika ada partikel padatan putih menempel ke bagian bawah atau dinding botol.

Jangan menggunakan insulin setelah tanggal kedaluwarsa yang tercetak pada botol telah berlalu. Beberapa jenis insulin harus dikocok atau diputar untuk mencampur sebelum digunakan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda jika ada jenis insulin perlu dicampur dan bagaimana Anda harus mencampurnya.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com