News & Events

mastitis 4

KENALI PERBEDAANNYA! SALURAN TERSUMBAT ATAU MASTITIS?

Posted by Ernest Admin on Thursday, 6, July, 2017


Kenali perbedaannya, saluran tersumbat atau mastitis? Beberapa waktu lalu kita sudah membahas mengenai peradangan payudara atau mastitis, apakah ibu- ibu masih ingat gejalanya? Ternyata, ada penyakit lain yang menyerupai mastitis, yaitu saluran susu tersumbat. Apa saja perbedaan saluran tersumbat dan mastitis? Cermati uraian berikut.

Saluran  tersumbat adalah area payudara dimana aliran ASI terhambat. Sumbatan dapat terjadi pada pori-pori puting susu atau pada saluran. Saluran tersumbat biasanya muncul secara bertahap dan hanya mempengaruhi satu payudara.

Gejala lokal. Ibu biasanya akan melihat adanya benjolan keras atau pembengkakan berbentuk seperti ginjal disekitar sumbatan yang mungkin terasa empuk, panas, bengkak atau terlihat memerah. Terkadang ibu hanya akan merasakan rasa sakit lokal, tanpa benjolan atau area pembengkakan yang jelas. Lokasi sumbatan mungkin bergeser. Saluran yang tersumbat biasanya akan terasa lebih menyakitkan sebelum menyusui dan berkurang sesudahnya. Area yang tersumbat biasanya akan terasa lebih rata atau lebih kecil setelah menyusui. Menyusui dengan payudara yang terkena mungkin terasa menyakitkan, terutama saat asi keluar.

Gejala sistemik. Biasanya tidak ada gejala sistemik untuk saluran yang tersumbat namun demam rendah (kurang dari 101,3 ° F / 38,5 ° C) mungkin ada.

Sementara mastitis adalah radang payudara yang bisa disebabkan oleh penyumbatan, infeksi dan / atau alergi. Mastitis tidak begitu sering terjadi di negara-negara dimana menyusui adalah kewajiban dan sering menyusui adalah normal. Mastitis paling sering terjadi pada 2-3 minggu pertama, namun bisa terjadi pada setiap tahap menyusui. Mastitis bisa terjadi secara tiba-tiba, dan biasanya hanya menyerang satu payudara.

 Gejala lokal sama dengan saluran tersumbat, namun rasa sakit / panas / bengkak biasanya lebih intens. Mungkin ada garis-garis merah yang membentang keluar dari daerah yang terkena. Gejala mastitis yang khas termasuk demam 101,3 ° F (38,5 ° C) atau lebih besar, menggigil, sakit seperti flu dan malaise/ lemah badan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com