News & Events

ikterus

KENALI GEJALA IKTERUS ASI PADA BAYI

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 2, August, 2017


Gejala ikterus asi pada bayi. Kenali gejala ikterus asi pada bayi. Ikterus adalah kekuningan pada kulit/ mukosa tubuh, ini sering muncul pada bayi baru lahir. Ikterus asi pada bayi biasanya disebabkan karena ada gangguan metabolism bilirubin pada bayi. Gejala ikterus ASI pada bayi sering berkembang setelah minggu pertama kehidupan.

Gejala ikterus asi pada bayi tidak terbatas pada kulit yang kekuningan saja lho ibu, ada beberapa tanda ikterus asi pada bayi yang dapat muncul. Berikut adalah gejala icterus asi pada bayi:

  1. Beberapa bagian tubuh bayi berubah menjadi kekuningan, terutama pada bagian telapak kaki, telapak tangan, mulut dan mata bayi. Kemudian warna kuning akan menyebar ke semua bagian tubuh bayi dalam waktu yang sangat cepat.
  2. Penyakit akan terlihat dengan gejala yang lebih cepat sejak dilahirkan dan paling lama 72 jam setelah dilahirkan.
  3. Bagian mata dan mulut serta semua bagian wajah bayi bisa berubah menjadi kekuningan dan bayi menjadi sangat lemah.
  4. Bayi tidak mau minum ASI sejak baru dilahirkan dan sangat sulit untuk memberikan ASI pada bayi. Kondisi ini bisa memicu bayi menjadi sangat lemah termasuk resiko dehidrasi dan hipotermia pada bayi.
  5. Bayi akan lebih sering tidur dan terlihat sangat lemah. Berbeda dengan bayi yang sehat dan langsung menerima ASI atau colostrum sehingga bayi menjadi sangat lemah dan penilaian kesehatan bayi menjadi sangat rendah.
  6. Bayi mengeluarkan urin dan kotoran dengan warna yang lebih kuning dan keruh. Kondisi ini disebabkan karena bilirubin yang sangat tinggi dalam tubuh bayi sudah merusak sistem sekresi pada bayi. Ini menjadi indikasi bahwa kondisi tubuh bayi sangat buruk.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com