News & Events

fenugreek 4

KEMUNGKINAN EFEK SAMPING FENUGREEK

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 15, March, 2017


Sebagai salah satu herbal yang terkenal sebagai pelancar ASI, Fenugreek telah banyak diteliti secara luas. Tidak hanya seputar khasiatnya, penelitian juga membahas kemungkinan efek samping Fenugreek.

  • Gangguan Pencernaan
    Jika Anda mengonsumsinya lebih dari takaran 100 gram per hari (direkomendasikan dosis kurang dari 8 gram per hari), Anda akan mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung dan diare yang juga mengakibatkan trunnya nafsu makan. Diare yang kronis akan diiringi oleh kram perut dan tentunya meningkatkan resiko dehidrasi. Diare karena konsumsi Fenugreek umumnya sembuh setelah konsumsi dihentikan.
  • Perubahan Warna Urin
    Urin pun akan sedikit berubah saat Anda mengonsumsi fenugreek. Urin Anda akan berwarna lebih gelap dan berbau mirip seperti sirup maple. Ini merupakan efek samping Fenugreek yang cukup sering ditemui, terutama bila anda mengkonsumsi dalam jumlah cukup banyak. Jika perubahan urin ini berlangsung lama, segera konsultasi pada dokter. Karena perubahan urin ini juga terjadi pada orang yang terkena sebuah penyakit yang umumnya disebut “maple syrup urine disease.”
  • Keringat berbau seperti sirup Marple. Tidak hanya pada urin, mengkonsumsi Fenugreek dapat mengakibatkan keringat turut berbau seperti sirup marple.
  • Reaksi Alergi
    Efek samping Fenugreek yang lain adalah alergi. Alergi ini dapat terjadi pada ibu yang meminum fenugreek meski kasusnya sangat langka ditemui. Menurut livestrng.com, beberapa gejalan alergi yang biasanya timbul adalah bercak merah di kulit yang gatal, kesulitan bernafas, dan wajah yang membengkak. Tidak hanya Anda, bayi Anda pun bisa terkena dampaknya. Segera konsultasi dokter, karena efek alergi ini dapat menyebabkan resiko kematian, terutama alergi yang juga mengena pada bayi Anda.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com