News & Events

karbohidrat bagi penderita diabetes

Karbohidrat bagi Penderita Diabetes

Posted by alamaya on Monday, 13, July, 2015


Mengatur asupan makanan bagi penderita Diabetes adalah sangat penting. Yang terpenting adalah membatasi asupan karbohidrat bagi penderita diabetes, karena penyakit Diabetes disebabkan karena ketiadakmampuan tubuh memproses karbohidrat. Dimana hormon Insulin yang dihasilkan oleh pankreas membantu memecah karbohidrat sehingga memungkinkan sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa (gula darah). Didalam tubuh penderita Diabetes sel-sel tidak mampu merespon tingginya kadar gula dalam darah. Atau dalam beberapa kasus tubuh tidak mampu memproduksi Insulin dalam jumlah yang cukup untuk berikatan dengan seluruh gula dalam darah. Hasilnya kadar glukosa darah menjadi tinggi dan molekul glukosa beredar dalam darah, sehingga menyebabkan kerusakan jaringan yang serius. Untuk menghindari kerusakan jaringan yang lebih parah perlu membatasi konsumsi karbohidrat dan glukosa.
Karbohidrat merupakan salah satu kategori makanan utama (makanan utama lain adalah protein dan lemak) yang dibutuhkan oleh manusia. Karbohidrat menyediakan bahan bakar bagi tubuh dalam bentuk glukosa. Glukosa adalah gula yang merupakan sumber utama energi untuk semua sel-sel tubuh. Terdapat dua jenis karbohidrat: sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana adalah gula, seperti: glukosa, sukrosa, laktosa dan fruktosa. Mereka ditemukan dalam gula dan buah-buahan manis, nasi putih, susu, pasta. Karbohidrat kompleks adalah pati (zat tepung) yang terikat satu sama lain secara kimia. Mereka ditemukan di kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks dianggap sehat terutama karena mereka dicerna perlahan-lahan, menyediakan sumber energi yang stabil. Dan juga mengandung banyak serat. Seperti beras merah, gandum, sereal, creaker,oatmeal. Karbohidrat tidak seperti protein dan lemak, karbohidrat memiliki efek paling cepat pada gula darah karena karbohidrat akan dipecah menjadi gula pada awal proses pencernaan.
Lakukan diet rendah karbohidrat terutama yang tergolong karbohidrat sederhana untuk meringankan beban tubuh dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah, serta mengurangi komplikasi Diabetes. Sebaiknya batasi asupan karbohidrat antara 45-65% dari total kalori per hari. Dengan kata lain jika anda mengkonsumsi 2200 kalori per hari, kalori yang berasal dari karbohidrat tidak boleh lebih dari 1430 kalori. Selain membatasi karbohidrat, Anda harus menjauhi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan menjalani diet rendah sodium karena penderita Diabetes juga rentan mengalami hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung daripada orang yang tidak menderita Diabetes.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com