News & Events

diare4

JENIS DIARE: DIARE OSMOTIK

Posted by Ernest Admin on Thursday, 19, January, 2017


Masih dengan topik diare, kali ini kita akan membahas beberapa jenis diare berdasarkan mekanisme terjadinya diare, seperti pernah kita bahas ada 4 macam menanisme terjadinya diare yaitu diare osmotik, sekretorik, eksudatif dan dismotilitas. Kali ini kita akan membahas khususnya apa sih diare osmotik itu.

Sebelumnya baik kita tahu apa itu osmolaritas dan tekanan osmotik. Osmolaritas adalah konsentrasi suatu larutan (dalam 1 liter) ditinjau dari jumlah partikelnya, dinyatakan dengan satuan osmol/L. Tekanan osmotik adalah tekanan yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesetimbangan osmotik antara suatu larutan dan pelarut murninya yang dipisahkan oleh suatu membran yang dapat ditembus hanya oleh pelarut tersebut. Dalam usus kita berlaku osmolaritas dan tekanan osmotik ini.

Jika bahan  makanan  tidak dapat diabsorbsi dengan baik di usus halus, maka tekanan osmotik intralumen (dalam usus) meningkat sehingga menarik cairan plasma ke rongga usus. Jumlah cairan yang bertambah melebihi kemampuan reabsorbsi (peenyerapan kembali cairan) usus besar menyebabkan diare yang cair. Diare jenis ini akan berhenti bila pasien puasa. Penyebabnya bisa intoleransi laktosa (tidak dapat mencerna  laktosa), mengkonsumsi  pencahar atau obat maag yang mengandung magnesium.

Diare osmotik umumnya dapat diduga melalui ciri-ciri tinja dan riwayat konsumsi makanan. Namun tentu ada pedoman baku untuk diagnosisnya yaitu dengan menghitung osmotic gap. Diagnosis dikare osmotik ditegakkan bila osmotic gap pada tinja > 125mosmol/kg (normalnya < 50 mosmol/kg). Osmotic gap dihitung dengan cara Osmolaritas serum (290 mosmol/kg) –(2x (konsentrasi natrium+ kalium)).

Walaupun merupakan penyakit sehari-hari, tentunya diare menyebalkan untuk dialami, oleh karenanya mari kita biasakan hidup bersih serta biasakan mengkonsumsi multivitamin. Kini telah hadir MANGOSTEEN MIX, gabungan ekstrak kulit manggis, daun sirsak dan menggudu yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh, melancarkan aliran darah dan pemcernaan sehingga dapat mencegah berbagai penyakit seperti diare. Ayo segera dapatkan MANGOSTEEN MIX anda di apotek dan toko obat terdekat.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com