News & Events

diare05

JENIS DIARE: DIARE DISMOTILITAS

Posted by Ernest Admin on Sunday, 22, January, 2017


Diare Dismotilitas merupakan salah satu jenis diare- yang dibedakan berdasarkan mekanisme terjadinya. Diare tipe ini lebih jarang dijumpai dan biasanya disebabkan oleh penyakit yang lebih berat seperti tumor pada saluran pencernaan hingga gangguan metabolisme yang mengakibatkan peningkatan gerakan usus.

Apa sih dismotilitas itu? Dismotilitas adalah suatu kondisi di mana otot-otot sistem pencernaan terganggu dan terjadi perubahan kecepatan, kekuatan atau koordinasi gerakan otot pada sistem pencernaan.

Diare dismotilitas terjadi karena adanya dismotilitas pada usus,  sehingga waktu transit makanan di usus memendek dan penyerapan air berkurang. Dapat juga disebabkan adanya kerusakan syaraf otot usus yang mengakibatkan gerakan usus terganggu dan memungkinkan pertumbuhan bakteri berlebih.

Karakteristik diare ini, tinja yang dikeluarkan mirip tinja pada diare sekretorik yaitu cair, tidak nyeri dan tidak ada lendir maupun darah, namun bisa terdapat lemak pada tinja karena lemak tidak dapat dicerna dengan baik.

Penyebabnya bisa hipertiroidisme-kelenjar tiroid yang terlalu aktif- menyebabkan peningkatan gerakan usus, sindrom karsionoid-diare bisa menjadi salah satu gejala adanya tumor pada sistem pencernaan anda, obat-obatan prokinetik- merangsang gerakan usus, diabetes melitus, atau irritable bowel syndrome –kumpulan gejala rasa tidak nyaman di perut yang dihubungkan dengan kelainan fungsi dan pergerakan usus besar.

Semoga bermanfaat! Ayo biasakan hidup bersih dan sehat!

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com