News & Events

DI

JENIS DIABETES INSIPIDUS

Posted by Ernest Admin on Sunday, 19, February, 2017


Diabetes insipidus ternyata ada 2 jenis, apakah mereka dan bagaimana mereka dibedakan bisa kita baca pada ulasan dibawah ini.

Diabetes Insipidus Kranial

Ini adalah kondisi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup banyak hormon antidiuretik dan mengakibatkan banyaknya air yang terbuang dalam urine. Di bawah ini adalah beberapa penyebab paling umum dari diabetes insipidus jenis ini, yaitu:

  • Sekitar 16 persen kasus diabetes insipidus kranial disebabkan karena cedera kepala parah yang merusak hipotalamus atau kelenjar pituitari.
  • Sekitar 20 persen kasus diabetes insipidus kranial disebabkan karena komplikasi akibat operasi otak yang merusak hipotalamus atau kelenjar pituitari.
  • Sekitar 25 persen kasus diabetes insipidus kranial disebabkan karena tumor otak yang merusak hipotalamus atau kelenjar pituitari.

Berikut ini beberapa penyebab diabetes insipidus kranial yang lebih jarang terjadi.

  • Kanker otak.
  • Kekurangan oksigen pada otak misalnya akibat stroke.
  • Terjadinya infeksi yang merusak otak, misalnya ensefalitis dan meningitis.
  • Sindrom Wolfarm merupakan kelainan¬† genetik langka yang bisa menyebabkan kehilangan pandangan.

Sekitar 1 dari 3 kasus diabetes insipidus kranial tidak diketahui penyebabnya.

Diabetes Insipidus Nefrogenik

Ini adalah kondisi ketika hormon antidiuretik dihasilkan sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi organ ginjal tidak sensitif atau tidak merespons terhadap hormon ini.

Hormon antidiuretik normalnya akan mengirim sinyal pada jaringan nefron yang berada di dalam ginjal. Nefron adalah struktur kecil yang mengendalikan berapa banyak air yang diserap oleh tubuh dan berapa banyak air yang dikeluarkan dalam bentuk urine. Bagi orang yang menderita diabetes insipidus nefrogenik, proses pengiriman sinyal ini terganggu. Akibatnya, orang yang mengalaminya akan selalu merasa haus karena urine terbuang dalam jumlah yang banyak.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com