News & Events

asi 2

NUTRISI PADA ASI: IMMUNOGLOBULIN

Posted by Ernest Admin on Thursday, 6, April, 2017


Immunoglobulin: Semua jenis immunoglobulin ditemukan dalam air susu manusia. Konsentrasi tertinggi ditemukan dalam kolostrum, pra-susu yang hanya tersedia dari payudara pertama tiga sampai lima hari kehidupan bayi. Sekretori IgA, jenis immunoglobulin yang melindungi telinga, hidung, tenggorokan, dan saluran pencernaan, ditemukan dalam jumlah tinggi dalam ASI sepanjang tahun pertama. tingkat IGA terhadap virus tertentu dan bakteri pada ASI meningkat sebagai respon terhadap paparan ibu dengan organisme ini.

Komposisi imunoglobulin di dalam ASI berbeda dengan yang ada di dalam serum. Di dalam serum komponen utama adalah IgG dalam jumlah 1250 mg/dL dan IgA hanya 250 mg/dL. Sebaliknya di dalam kolostrum IgA 1740 mg/dL dan IgG 100 mg/dL. IgA dan IgG di dalam ASI sebagian berasal dari IgA dan IgG dari serum, sebagian lagi dibentuk oleh kelenjar payudara.

Ada lebih dari 30 jenis imunoglobulin yang telah teridentifikasi di dalam ASI, 18 di antaranya terdapat di dalam serum juga, sisanya hanya ada di dalam ASI. IgA di dalam ASI terutama adalah IgA sekretori (sIgA). Yang stabil pada pH yang rendah dan tahan terhadap enzim proteolitik. Fungsinya di dalam usus adalah memproteksi mukosa usus agar tidak diserang oleh virus dan bakteri. Imunoglobulin di dalam ASI masih ditemukan setelah satu tahun menyusui.

Kadar imunoglobulin ternyata tidak tergantung pada gizi ibu. Pada lampiran dapat dilihat adanya faktor antibakterial dalam kolostrum dan ASI pada wanita Indian dengan gizi baik dan gizi buruk.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com