News & Events

mastitis 5

HATI- HATI, ASI TIDAK DIKELUARKAN DAPAT MENYEBABKAN INFLAMASI PAYUDARA LHO!

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 6, June, 2017


Inflamasi payudara. Hati- hati, asi tidak dikeluarkan dapat menyebabkan inflamasi payudara lho! Inflamasi payudara/ mastitis dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui (lebih sering) maupun tidak.

Banyak kasus mastitis pada wanita menyusui diduga disebabkan oleh stasis susu (asi tidak mengalir). Hal ini terjadi saat asi tidak dikeluarkan dengan baik dari payudara Anda selama menyusui.

Beberapa penyebab asi tidak dikeluarkan yang dapat berujung pada inflamasi payudara :

  • Bayi yang tidak menempel dengan baik pada payudara saat menyusui – ini mungkin berarti bahwa tidak cukup susu dikeluarkan.
  • Bayi mengalami masalah mengisap – misalnya, karena mereka memiliki dasi lidah, suatu keadaan dimana selembar kulit di antara bagian bawah lidah dan lantai mulut mereka terlalu pendek dari seharusnya.
  • Jarang atau melewatkan waktu menyusui – misalnya, ketika mereka mulai tidur sepanjang malam
  • Menggunakan satu payudara untuk menyusui – misalnya, karena salah satu puting Anda sakit; Hal ini dapat menyebabkan stasis susu berkembang di payudara lainnya.
  • Trauma atau pukulan pada payudara yang merusak saluran susu atau kelenjar di payudara Anda
  • Tekanan pada payudara Anda – misalnya, dari pakaian ketat (termasuk bra), sabuk pengaman atau posisi tidur dengan menelungkup.

Stasis asi dapat menyebabkan saluran susu di payudara Anda menjadi tersumbat, dan dapat menyebabkan asi banyak terkumpul di dalam payudara yang terkena.

Pakar tidak yakin pasti mengapa ASI bisa menyebabkan jaringan payudara menjadi meradang. Satu teori adalah bahwa tekanan yang terbangun di dalam payudara memaksa asi mendesak ke jaringan sekitarnya.

Sistem kekebalan tubuh Anda kemudian mungkin akan menyalahartikan protein dalam susu untuk infeksi bakteri atau virus dan meresponsnya dengan cara membasmi jaringan payudara dalam upaya menghentikan penyebaran infeksi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com