News & Events

flu

HARUSKAH IBU BERHENTI MENYUSUI BILA SEDANG FLU?

Posted by Ernest Admin on Thursday, 25, May, 2017


Haruskah ibu berhenti menyusui bila sedang flu? Selama Anda tidak sakit, tetaplah menyusui jangan berhenti menyusui bila sedang flu. Susu Anda menyediakan antibodi yang melawan penyakit yang membantu membangun sistem kekebalan bayi Anda. Tapi jika Anda mulai mengalami gejala flu, berhati-hatilah untuk melindungi bayi Anda. Pilihan paling aman adalah memompa susu Anda dan minta orang lain memberi susu botol ke bayi Anda.

Berhenti menyusui bila sedang flu karena khawatir menulari bayi anda sebenarnya tidak perlu. Adakah cara lain untuk melindungi bayi saya jika terkena flu? Saat Anda sakit flu, Anda pasti ingin membatasi kontak dengan bayi Anda. Selain menyuruh orang lain memberi susu botol, bayi Anda memompa ASI atau susu formula, jika memungkinkan, cobalah membatasi paparan bayi Anda terhadap kuman Anda dengan cara lain. Sebagai contoh:

  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat sebelum menyentuh atau menahan bayi Anda. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.
  • Permukaan rumah tangga yang sering bersih, seperti meja dapur, wastafel, sakelar lampu, dan kenop pintu.
  • Pakailah masker wajah.
  • Jika Anda tidak bisa memakai masker wajah, bersin atau batuk ke siku atau tisu. (Simak video Elmo yang ramah anak ini oleh Departemen Kesehatan dan Layanan A.S. untuk mendapatkan pelajaran tentang cara terbaik untuk bersin.) Jika Anda bersin ke tisu, buang dan cuci tangan.
  • Letakkan selimut kain bersih dan kering antara Anda dan bayi Anda setiap kali Anda memegang atau memberinya makan.
  • Cuci payudara Anda secara menyeluruh dengan sabun ringan dan air hangat sebelum menyusui.
  • Jangan berbagi peralatan makan, gelas minum, lap, handuk, tempat tidur, bantal, atau selimut sampai Anda bebas dari gejala setidaknya selama lima hari.
  • Tanyakan kepada dokter kesehatan Anda apakah obat antiviral adalah pilihan bagi Anda. Mereka dapat meringankan gejala Anda dan memperpendek lamanya penyakit Anda, yang berarti lebih sedikit kesempatan terpapar pada bayi Anda.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com