News & Events

ginseng 01

GINSENOSIDA DAN KEKAKUAN ARTERI: BUKTI KASIAT GINESNG

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 9, May, 2017


Ginsenosida dan kekakuan arteri: bukti kasiat ginseng. Ginseng merah korea yang banyak dijual di toko toko obat hingga toko online saat ini memang terbukti memiliki berbagai manfaat. Tidak hanya untuk meningkatkan stamina, rupanya ginseng juga bermanfaat untuk memperbaiki kekakuan pembuluh darah. Berikut penelitian mengenai ginsenosida dan kekakuan arteri.

Ginsenosida dan kekakuan arteri telah diteliti baru baru ini. Sebuah studi pada tahun 2010 meneliti efek ginseng merah Korea serta ginsenosida dan polisakarida yang terisolasi pada kekakuan arteri pada individu sehat.

Penelitian ini dilakukan karena adanya studi praklinis (bukan pada manusia) yang menunjukkan peran ginseng merah Korea (KRG) dalam modulasi fungsi vaskular. Namun, bukti klinis masih langka. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh akar KRG terhadap tekanan darah perifer (BP) dan augmentasi index (AI), sebuah metode yang muncul untuk menilai risiko kardiovaskular di luar pengukuran BP konvensional.

Selanjutnya, dalam upaya untuk menjelaskan komponen utama KRG mana yang bertanggung jawab atas efek ini, fraksi ginsenosida dan polisakarida yang diisolasi dari akar KRG yang sama juga diteliti.

Penelitian ini dirancang sebagai percobaan acak, terkontrol, double blind, crossover. Sebanyak 17 individu berpuasa sehat (jenis kelamin: 9 laki-laki: 8 perempuan, usia: 30 +/- 9 tahun, indeks massa tubuh: 25 +/- 3 kg / m (2), sistolik BP (SBP): 110 + / – 10,1, BP diastolik (DBP): 65 +/- 7 mmHg), pada kesempatan terpisah, terdiri dari empat perlakuan yang terdiri dari: 3 g plasebo, akar KRG, atau dosis bioekivalen KRG dari fraksi ginsenosida atau polisakarida. BP dan AI diukur dengan tonometri applanasi pada awal, 1, 2, dan 3 jam setelah perawatan.

Dibandingkan dengan plasebo, 3 g KRG secara signifikan menurunkan AI radial sebesar 4,6%  sedangkan fraksi ginsenosida sebanding dengan AI sebesar 4,8% dan tidak ada efek yang diamati dengan polisakarida. Tidak ada perbedaan tekanan darah antara perawatan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa KRG dapat memperbaiki kekakuan arteri yang diukur dengan AI. Selain itu, nampak bahwa ginsenosida merupakan komponen utama farmakologis dari akar, bukan fraksi polisakarida.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com