News & Events

panax-ginseng

GINSENG SEBAGAI ANTIOKSIDAN? TENUSAJA BISA!

Posted by Ernest Admin on Monday, 8, May, 2017


Ginseng sebagai antioksidan? Ginseng merah korea memang telah tersohor khasiatnya, salah satunya adalah sebagai antioksidan. Antioksidan adalah bahan yang membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat diperoleh secara alami dan dari luar tubuh. Secara alami, radikal bebas adalah bahan kimia yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Sedangkan dari luar tubuh, ditimbulkan akibat asap rokok dan radiasi.

Ginseng sebagai antioksidan sebenarnya bukan merupakan informasi baru. Dalam sebuah penelitian diteliti  efek antioksidan dari Panax ginseng pada sukarelawan sehat. Dalam rancangan acak ganda, 82 peserta (21 pria dan 61 wanita) yang dianggap sehat menurut standar kesehatan objektif dan subjektif dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok kontrol dan kelompok menerima ekstrak P. ginseng (1 atau 2g /Hari) selama 4 minggu. Tingkat serum spesies oksigen reaktif (ROS), malondialdehyde (MDA), total kapasitas antioksidan (TAC), aktivitas katalase, superoksida dismutase (SOD), glutathione reductase (GSH-Rd), dan peroksidase (GSH-Px), dan Kandungan glutathione total ditentukan sebelum dan sesudah uji coba.

Pemberian P. ginseng menyebabkan penurunan kadar ROS dan MDA serum secara signifikan. Terutama, kandungan glutathione total dan aktivitas GSH-Rd meningkat secara signifikan pada kelompok yang menerima 2g P. ginseng. Tidak ada perubahan signifikan yang diamati pada aktivitas TAC, katalase, SOD, dan GSH-Px.

Kesimpulannya,  terdapat bukti manfaat ginseng sebagai antioksidan. P. ginseng terbukti memiliki kandungan antioksidan. Ini meningkatkan mekanisme pertahanan antioksidan pada populasi yang sehat dan hasilnya dapat memperkuat penggunaan P. ginseng sebagai suplemen antioksidan potensial.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com