News & Events

ginseng 6

GINSENG MERAH DAPAT MEMPERBAIKI HIPERTENSI?

Posted by Ernest Admin on Saturday, 6, May, 2017


Ginseng merah dapat memperbaiki hipertensi? Ginseng merah atau yang terkenal dengan nama ilmiahnya Panax ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat popular dan banyak diteliti .  Suatu penelitian rupanya meneliti efek panax ginseng dalam memperbaiki hipertensi. Penelitian berfokus pada melihat efek ginseng merah pada kekakuan arteri pada subjek dengan hipertensi. Berikut ulasannya.

Diduga ginseng merah dapat memperbaiki hipertensi melalui beberapa metode. Ginseng merah Korea (KRG) meningkatkan fungsi endotel dan menurunkan tekanan darah (BP), yang dapat mempengaruhi kekakuan arterial. Penelitian ini mengevaluasi apakah pengobatan KRG dapat memperbaiki kekakuan arteri pada subjek dengan hipertensi.

Delapan puluh (80) peserta dengan hipertensi yang diobati dengan agen antihipertensi secara acak dibagi kedalam kelompok aktif (KRG 3 g / hari) atau kelompok perlakuan plasebo. Peserta tidak diizinkan untuk mengganti obat antihipertensi mereka. BP sistolik (SBP) dan BP diastolik (DBP) diukur pada awal, dan pada 1, 2, dan 3 bulan. Kekakuan arterial dinilai dengan pengukuran kecepatan gelombang pulsa brachial-ankle (baPWV) pada awal, dan pada 1 dan 3 bulan.

Tiga puluh (30) subyek dalam kelompok aktif (AG) dan 34 subjek pada kelompok plasebo (PG) menyelesaikan 3 bulan pengobatan dan kemudian dilakukan analisis per protokol. SBP dan DBP pada awal, dan pada 1, 2, dan 3 bulan tidak berbeda antara AG dan PG (p> 0,05). Setelah 3 bulan perawatan, SBP AG tidak berubah dari SBP pada awal. Namun, DBP AG, dan SBP dan DBP PG setelah 3 bulan pengobatan berkurang secara signifikan (p <0,05).

Kekakuan arterial (BaPWV) kedua kelompok berkurang secara signifikan pada 1 dan 3 bulan (p <0,05), namun tidak berbeda antara kelompok perlakuan dan placebo pada setiap titik waktu. Analisis setelah penyesuaian untuk usia, rata rata tekanan darah arteri, detak jantung, dan kadar glukosa darah puasa dan trigliserida tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara AG dan PG dalam perubahan baPWV dari awal menjadi 1 dan 3 bulan (p> 0,05).

jadi apakah Ginseng merah dapat memperbaiki hipertensi? Dari hasil penelitian disimpulkan, ternyata pengobatan selama 3 bulan dengan ginseng korea tidak memperbaiki kekakuan arteri pada subyek hipertensi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com