News & Events

ginseng 13

GINSENG KOREA DAN DIABETES: PERBANDINGAN EFEK GINSENG DENGAN DAN TANPA AKAR UNTUK PPG

Posted by Ernest Admin on Thursday, 27, April, 2017


Ginseng korea dan diabetes. Penelitian tentang ginseng korea atau Panax ginseng telah dilakukan untuk pengobatan berbagai penyakit. Salah satunya adalah efek panax ginseng/ ginseng korea dan diabetes. Berikut adalah liputan penelitian mengenai Efek diferensial ginseng korea (dengan akar atau tanpa akar) pada glikemia postprandial/ post prandial glikemia (gula darah tinggi setelah makan disingkat PPG) pada individu sehat. Penelitian ginseng korea dan diabetes ini didasarkan pada variasi kandungan ginsenosida pada badan ginseng dan akarnya.

Pada penelitian sebelumnya dilaporkan adanya efek pengurangan PPG diferensial dengan dua akar ginseng merah Korea (KRG). Pada percobaan kali ini ginseng akan dibedakan menjadi 2, yaitu ekstrak dengan badan ginseng dan ekstrak badan tanpa akar.

Bahan dan metode penelitian. Setelah 12 jam puasa, 13 orang sehat secara acak mengkonsumsi antara 3 gram badan ginseng, 3 gram badan tanpa akar, atau placebo,  pada tiga kunjungan terpisah. Pengobatan dikonsumsi 60 menit sebelum uji makanan standar dengan dilakukan tes gula darah kapiler pada -60, 0, 15, 30, 45, 60, 90 dan 120 menit.

Hasil nya, meski ginseng tanpa akar memiliki > 6 kali lipat total ginsensosida daripada badan ginseng namun tidak mempengaruhi PPG secara signifikan. Meskipun profil ginsenosida berkurang, badan ginseng justru menurunkan kadar PPG pada 45, 60, 90 dan 120 menit selama tes (p <0,05).

Membandingkan hasil dengan kumpulan penelitian sebelumnya, menunjukkan kisaran dosis terapeutik potensial untuk ginsenosida. Pengamatan ini harus diverifikasi secara klinis dengan analisis komposisi ginsenosida.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com