News & Events

diabetes

GESTASIONAL DIABETES IBU BISA JADI PENANDA DIABETES PADA AYAH?

Posted by Ernest Admin on Friday, 19, May, 2017


Gestasional diabetes ibu bisa jadi penanda diabetes pada ayah? Studi menunjukkan bahwa diabetes gestasional menandakan risiko diabetes di masa depan tidak hanya pada ibu, tetapi juga pada ayah!

Studi mengenai gestasional diabetes ibu bisa jadi penanda diabetes pada ayah ini dikerjakan oleh Dr. Kaberi Dasgupta, seorang peneliti dari Experimental Therapeutics and Metabolism Program di Research Institute of McGill University Health Center.

Gestational diabetes, sejenis diabetes yang terjadi selama kehamilan, mempengaruhi antara tiga dan 20 persen wanita hamil. Mereka yang mengembangkan diabetes gestasional adalah 7 kali lebih mungkin untuk akhirnya mengembangkan diabetes tipe 2 di tahun-tahun setelah kehamilan.

Sekarang, dalam sebuah studi besar mengenai gestasional diabetes ibu bisa jadi penanda diabetes pada ayah menganalisis 20 tahun data dari Quebec. Sebuah tim dari Research Institute of McGill University Health Center (RI-MUHC) telah menunjukkan bahwa diabetes gestasional memberi sinyal risiko diabetes di masa depan tidak hanya pada ibu, tetapi juga pada ayah. Penelitian baru-baru ini dipublikasikan di Diabetes Care.

“Kami mengamati bahwa kejadian diabetes adalah 33% lebih besar pada pria yang pasangannya memiliki diabetes gestasional dibandingkan dengan pria yang pasangannya tidak memiliki diabetes gestasional,” kata penulis utama penelitian tersebut, Dr. Kaberi Dasgupta, ahli endokrinologi di MUHC dan seorang Associate professor of Medicine di McGill University. “Ini adalah studi pertama yang menunjukkan hubungan antara diabetes gestasional pada ibu dan kejadian diabetes pada ayah.”

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com