News & Events

rheumatoid

GEJALA SISTEMIK RHEUMATOID ARTHRITIS: TIDAK HANYA PADA SENDI!

Posted by Ernest Admin on Monday, 27, March, 2017


Gejala sistemik rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis adalah penyakit infalamasi kronis yang menyerang sendi. Penyakit ini mempengaruhi sendi di kedua sisi tubuh, seperti kedua tangan, kedua pergelangan tangan, atau kedua lutut. simetri ini membantu untuk membedakannya dari jenis lain arthritis. Namun ternyata rheumatoid tidak hanya dapat menyerang sendi lho.

Gejala Rheumatoid arthritis dapat melampaui sendi Anda. Gejala sistemik rheumatoid arthritis bisa berupa:

  • Kelelahan
  • Sakit badan
  • Penurunan nafsu makan dibanding biasanya, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan
  • Nyeri otot

Gejala sistemik rheumatoid arthritis ini sekilas tampak seperti flu, namun gejala ini biasanya kurang intens dan bertahan lebih lama.

Beberapa orang dengan RA juga mendapatkan nodul rheumatoid, yaitu benjolan di bawah kulit yang paling sering muncul di siku. Kadang-kadang nodul ini terasa menyakitkan.

Gejala sistemik rheumatoid arthritis juga dapat mempengaruhi paru-paru Anda. Peradangan dapat merusak paru-paru atau selaput di sekitar paru-paru. Ini mungkin tidak menimbulkan gejala. Jika Anda merasa sesak napas, dokter Anda dapat mengobatinya dengan obat-obatan yang mengurangi peradangan di paru-paru.

Demikian juga, RA dapat menginflamasi lapisan sekitar jantung Anda. Anda mungkin tidak akan melihat gejala itu. Ada kemungkinan Anda bisa merasakan sesak napas atau nyeri dada. RA dapat mempengaruhi sendi di pita suara Anda, menyebabkan suara serak. Dalam beberapa orang dengan RA –sebanyak kurang dari 5% – penyakit dapat membuat mata mereka merah, terasa sakit, atau kering.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com