News & Events

Woman with stomach issues isolated on white background

GEJALA REFLUKS CAIRAN EMPEDU

Posted by Ernest Admin on Thursday, 20, July, 2017


Gejala refluks cairan empedu. Refluks empedu bisa sulit dibedakan dari acid reflux. Tanda dan gejalanya serupa, dan kedua kondisinya bisa terjadi bersamaan. Tidak jelas peran empedu dalam kondisi refluks.

Refluks adalah keadaan dimana suatu cairan atau padatan berpindah ke bagian sebelumnya. Refluks cairan empedu terjadi bila cairan empedu yang seharusnya disekresikan ke usus halus, masuk ke lambung. Hal ini disebabkan katup yang seharusnya menjaga makanan di usus agar tidak kembali ke lambung mengalami kerusakan/ penurunan fungsi. Karena kembali ke lambung, refluks cairan empedu dapat menimbulkan gejala gastritis/ peradangan pada lambung.

Penanganan untuk gastritis bisa berbeda tergantung penyebabnya, jadi penting untuk mengetahui apakah gastritis anda disebabkan oleh refluks cairan empedu atau penyebab lain. Mengenal gejala refluks cairan empedu tentu sangat membantu.

 Tanda dan gejala refluks cairan empedu meliputi:

  • Nyeri perut bagian atas yang mungkin parah
  • Sering mulas – sensasi terbakar di dada Anda yang terkadang menyebar ke tenggorokan Anda, bersamaan dengan rasa asam di mulut Anda. Dalam kasus yang parah gejala ini dapat disalah artikan sebagai bentuk serangan jantung.
  • Mual. Muntah cairan kuning kehijauan (empedu).
  • Batuk atau suara serak: Beberapa, tapi tidak semua, pasien dengan refluks empedu mengalami batuk atau suara serak yang disebabkan oleh asam lambung dan / atau empedu yang naik ke tenggorokan dan membakar lapisan.
  • Penurunan berat badan yang tidak diinginkan Kapan harus ke dokter? Buat janji temu dengan dokter Anda jika Anda sering mengalami gejala refluks, atau jika Anda kehilangan berat badan tanpa berusaha. Jika Anda telah didiagnosis menderita penyakit refluks gastroesophageal (GERD) namun tidak mendapat bantuan yang cukup dari obat Anda, hubungi dokter Anda. Anda mungkin memerlukan pengobatan tambahan untuk refluks empedu.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com