News & Events

garam penyebab hipertensi

Garam Penyebab Hipertensi

Posted by alamaya on Saturday, 15, August, 2015


Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa garam penyebab hipertensi, oleh karena itu jika seseorang dinyatakan mengidap hipertensi maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari makanan yang banyak mengandung garam atau mengurangi garam dalam makanan. Tapi kebanyakan masakan seperti bakso dan soto jika kurang garam tentu tak nikmat. Dan kebanyakan makanan restoran dan makanan kaleng atau olahan seringkali mengandung garam yang sangat tinggi yaitu sekitar 80% dari garam yang kita makan berasal dari sumber-sumber ini.
Ketika tubuh kita mendapatkan asupan garam yang terus meningkat maka volume darah akan meningkat dan meningkatkan beban kerja jantung. Arterosklerosis, kerusakan pada ginjal, masalah pembuluh darah, serangan jantung dan stroke adalah beberapa faktor resiko hipertensi.
Asupan garam/sodium yang berlebihan bukanlah merupakan satu-satunya penyebab tekanan darah tinggi. Bagi sebagian orang hipertensi disebabkan oleh faktor genetik. Usia dan keturunan masing-masing berperan kepada bagaimana tekanan darah kita merespon terhadap asupan garam yang tinggi. Seiring dengan bertambahnya usia, garam juga lebih mungkin untuk menyebabkan peningkatan tekanan darah. Fungsi ginjal akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, sehingga tubuh akan lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengeluarkan garam yang berlebihan. Berat badan berlebih dan kurang olahraga juga merupakan faktor penentu penting jika membicarakan masalah tekanan darah tinggi.
Cara Membatasi Asupan Garam:
Kebanyakan orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak boleh mendapatkan asupan sodium lebih dari 1500mg per hari. Bahkan untuk orang yang beresiko rendah hipertensi pun juga harus menjaga asupan sodium mereka kurang dari 2400mg per hari (jumlah satu sendok teh garam). Anda juga bisa memeriksa berapa kandungan sodium atau natrium garam pada makanan olahan dengan seksama. Namun jika kita makan di restaurant pihak restaurant tentu tidak menunjukkan fakta nutrisi pada menu makanan mereka sehingga menyulitkan kita untuk menghitung jumlah natrium atau sodium yang terkandung dalam menu makanan. Anda hanya dapat memesan pada pelayan resto untuk tidak menambahkan garam terlalu banyak pada menu makanan anda.
Selain itu usahakan untuk mengkonsumsi makanan segar, kurangi bumbu yang sarat dengan natrium seperti bumbu instan, cobalah membuat bumbu sendiri, membeli buku panduan memasak rendah sodium, dan bilas makanan kaleng sebelum dimasak.
Cara untuk mencegah hipertensi dan membangun kembali keseimbangan ginjal adalah dengan mendapatkan cukup kalium dari makanan anda. Kalium bermanfaat membantu ginjal untuk membuang kelebihan cairan. Banyak jenis buah-buahan dan sayuran yang mengandung tinggi kalium seperti pisang, kentang atau produk susu rendah lemak. Mengurangi asupan garam berlebihan tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi, tetapi juga akan meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com