News & Events

obsesif kompulsif

GANGGUAN MOOD SETELAH MELAHIRKAN: OBSESIF KOMPULSIF

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 8, November, 2017


Gangguan mood setelah melahirkan: Obsesif Kompulsif. Pada umumnya gangguan suasana perasaan pada para ibu setelah melahirkan adalah yang kita kenal sebagai baby blues, yaitu perasaan sedih, tidak bersemangat, mudah menangis dan berbagai perasaan negatif lainnya yang timbul beberapa hari setelah melahirkan.

Ternyata, ibu bisa juga mengalami gangguan obsesif kompulsif pasca melahirkan lho. Disamping baby blues, depresi pasca melahirkan dan gangguan kecemasan, adalah gangguan obsesif kompulsif sebagai salah satu jenis gangguan perilaku pada ibu yang baru melahirkan.

  1. Postpartum Obsesif-Kompulsif Disorder (PPOCD)/ Gangguan Obsesif kompulsif setelah melahirkan

Gangguan obsesif-kompulsif postpartum adalah salah satu kelainan yang lebih baru yang merupakan bagian dari kelompok gangguan mood postpartum. Diperkirakan sekitar 3-5% wanita pascamelahirkan akan mengalami beberapa gejala PPOKD.

Gejalanya bisa meliputi:

  • Terlalu sibuk menjaga bayi Anda agar aman
  • Berkeras melakukan hal-hal tertentu berulang-ulang untuk membantu meringankan kegelisahan dan ketakutannya-Ini bisa termasuk menghitung hal, memesan barang, mencatat berbagai hal, memeriksa dan memeriksa ulang tindakan yang telah dilakukan, dan membersihkannya berulang-ulang. Hal ini dapat memanifestasikan dirinya dalam membersihkan, memberi makan, atau merawat bayi.
  • Mungkin  ibu mengenali obsesi ini tapi merasa ngeri dan malu melawan perasaan obsesi itu
  • Obsesi atau pemikiran yang gigih, bersifat berulang dan bisa mencakup gambaran mental bayi yang sedang terganggu
  • Takut berada sendirian dengan bayi

Wanita yang menderita PPOCD sering mengetahui bahwa pikiran, tindakan, dan perasaan ini tidak normal dan tidak bertindak terhadap mereka. Tapi obsesinya bisa menghalangi seorang ibu merawat bayinya dengan benar atau bisa menikmati bayinya. Dengan perawatan yang tepat, wanita dengan PPOCD dapat mengalami kebebasan dikendalikan oleh obsesi dan dorongan ini.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com