News & Events

Mother nursing son

FAKTOR RISIKO MASTITIS BERULANG: GANGGUAN PADA PUTING PAYUDARA

Posted by Ernest Admin on Saturday, 15, July, 2017


Gangguan pada puting payudara.

Faktor risiko mastitis berulang: gangguan pada puting payudara. Mastitis yang sering kambuh, selain karena pengobatan infeksi sebelumnya yang kurang adekuat dan pengeluaran asi yang kurang baik dapat juga disebabkan oleh gangguan pada puting payudara.

Gangguan pada puting payudara apa saja yang dapat timbul? Simak beberapa poin dibawah ini.

  • Carilah sekresi susu kering pada puting susu. Sisa asi setelah menyusui dapat tertinggal dan mengering pada puting yang selanjutnya dapat menimbulkan sumbatan. Jika Anda memperhatikan adanya hal ini, oleskan kain hangat ke puting susu sampai kulit kering mengelupas lalu coba keluarkan sedikit asi. Terkadang hal ini bisa menyebabkan saluran asi tersumbat karena asi tidak bisa keluar dengan baik melalui puting susu.
  • Apakah Anda mengalami kerusakan puting? Luka, pecah-pecah, atau berdarah bisa memberi titik masuk bakteri. Infeksi stafilokokus sekunder mungkin bertanggung jawab atas penyembuhan yang tertunda.
  • Milk blister bisa menyebabkan saluran tersumbat berulang. Milk blister ditandai dengan adanya bintil putih pada puting seperti jerawat yang dapat mengganggu proses menyusui.
  • Infeksi sekunder seperti thrush (ragi / infeksi jamur) dapat menyebabkan pembengkakan di dalam saluran susu yang meningkatkan risiko saluran tersumbat atau mastitis. Ibu yang sedang mengalami saluran tersumbat berulang atau mastitis akibat thrush bisa mendapat manfaat dari pengobatan anti-inflamasi (seperti ibuprofen) untuk mengurangi peradangan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com