News & Events

erupsi akneiformis

ERUPSI AKNEIFORMIS

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 28, June, 2017


Erupsi akneiformis adalah suatu kelainan kulit yang menyerupai jerawat, berupa reaksi peradangan folikular dengan manifestasi klinis papulopustular. Erupsi ini berkembang sebagai akibat dari infeksi, kelainan hormonal atau metabolik, kelainan genetik, dan reaksi obat.

Bork pada tahun 1988 mendefinisikan erupsi akneiform sebagai suatu reaksi inflamasi yang bermanifestasi klinis sebagai papula dan pustula dan menekankan ketiadaan komedo sebagai perbedaan yang mendasar antara erupsi akneiformis dengan akne. Akan tetapi komedo dapat muncul secara sekunder jika erupsi tersebut sudah berlangsung lama.

Penyebab erupsi akneiformis sampai saat ini masih belum dapat diketahui secara pasti, namun diduga disebabkan oleh obat, baik obat-obatan yang digunakan secara sistemik maupun yang digunakan secara topikal. Erupsi akneform adalah reaksi kulit yang berupa peradangan folikular akibat adanya iritasi epitel duktus pilosebasea yang terjadi karena eksresi substansi penyebab (obat) pada kelenjar kulit. Umumnya reaksi pada kulit atau daerah mukokutan yang terjadi sebagai akibat pemberian obat (erupsi obat) timbul karena reaksi hipersensitivitas berdasarkan mekanisme imunologis, tetapi reaksi ini juga dapat terjadi melalui mekanisme non imunologis yang disebabkan karena dosis yang berlebihan, akumulasi obat atau karena efek farmakologi yang tidak diinginkan.

Kasus erupsi akneform akibat obat (drug-induced acneiform eruption / DAE) awalnya sudah dilaporkan sejak tahun 1928 ketika lesi yang menyerupai jerawat muncul dengan penggunaan iodida dan hidrokarbon klorinat. Erupsi ini mulai tercatat sebagai salah satu dari beberapa efek samping steroid saat pengenalan steroid dalam terapi medis pada tahun 50-an. Pada tahun 1959, Bereston melaporkan timbulnya erupsi seiring dengan penggunaan isoniazid (INH). Sejak itu, berbagai macam obat ditemukan sebagai penyebab erupsi akneiform ini.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com