News & Events

fenugreek 8

EFEK SAMPING FENUGREEK PADA BAYI

Posted by Ernest Admin on Saturday, 18, March, 2017


Efek samping fenugreek pada bayi. Makanan dan obat yang ibu konsumsi dapat disekresikan juga melalui ASI. Oleh karenanya kandungan dari makanan atau obat ini juga bisa sampai kepada bayi. Berikut beberapa efek samping fenugreek pada bayi, bila ibu mengkonsumsi fenugreek selama menyusui.

Sebagian besar waktu, bayi tidak dipengaruhi oleh penggunaan fenugreek (kecuali karena lebih banyak susu mungkin tersedia untuk bayi). Kadang-kadang efek samping fenugreek pada bayi dapat berupa berbau bayi seperti sirup maple (sama seperti ibu). Konsumsi fenugreek menyebabkan meningkatkatnya cairan tubuh, yaitu keringat, urin, dan tentunya air susu. Aroma cairan tubuh akan beraroma seperti sirup maple. Secara umum aroma tubuh yang menjadi sepeti sirup maple ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping serius pada kesehatan tubuh. Namun ada juga penyakit yang dinamakan “maple syrup urine disease” yang memiliki gejala urin yang beraroma seperti maple, jadi saat melakukan periksa rutin pada dokter, beritahu bahwa Anda sedang mengonsumsi fenugreek, untuk menghindari misdiagnosa.

Fenugreek dapat menyebabkan masalah pencernaan pada ibu (sakit perut, diare), dan mungkin menyebabkan masalah pada bayi juga. Efek ini kan muncul jika ibu mengonsumsi fenugreek dengan dosis yang berlebihan. Ahli tidak menyarankan konsumsi fenugreek lebih dari 100 gram per harinya. Sedangkan dosis kurang dari 8 gram tidak akan banyak mempengaruhi ibu dan bayi.  Beberapa ibu telah memperhatikan bahwa bayi rewel dan/atau memiliki tinja hijau, berair ketika ibu mengambil fenugreek dan gejala hilang ketika ibu tidak melanjutkan fenugreek.

Efek samping fenugreek pada bayi juga ada yang dapat berupa reaksi alergi. Alergi dapat terjadi terhadap ramuan apapun, dan alergi fenugreek, meskipun jarang, telah didokumentasikan.

Alasan lain untuk gejala- gejala ini-dan sepertinya lebih mungkin dibandingkan reaksi terhadap herbal- adalah pasokan ASI yang meningkat karena fenugreek dan gejala adalah dari kelebihan pasokan ASI, di mana bayi sudah terlalu banyak foremilk. Kerewelan, gas dan tinja berair hijau adalah gejala klasik dari pasokan susu berlebihan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com