News & Events

antibiotics

EFEK SAMPING ANTIBIOTIK ORAL PADA PENGOBATAN JERAWAT

Posted by Ernest Admin on Saturday, 24, June, 2017


Efek samping antibiotik oral pada pengobatan jerawat. Kasus jerawat dengan banyak nodul kistik biasa dibarengi dengan terapi antibiotic oral. Yuk perhatikan apa saja kemungkinan efek sampingnya.

Efek samping antibiotik oral pada pengobatan jerawat adalah sebagai berikut:

  • Alergi – antibiotik oral dapat menyebabkan berbagai ruam pada mereka yang rentan. Efek samping antibiotik oral pada pengobatan jerawat ini bisa ringan atau mengancam jiwa parah. Alergi pada tetrasiklin atau eritromisin sangat jarang terjadi, namun lebih dari 2% pada trimetoprim atau kotrimoksazol menjadi alergi terhadapnya. Beritahu dokter Anda jika Anda pernah bereaksi buruk terhadap antibiotik.
  • Fotosensitifitas mungkin menjadi masalah bagi mereka yang memakai doksisiklin. Mengambil obat setelah makan malam mengurangi risiko sengatan matahari. Berdandan dan lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.
  • Gangguan gastrointestinal mempengaruhi sekitar 5% pasien dan termasuk mual, sakit kolik dan diare.
  • Sifilis (infeksi Candida albicans) mempengaruhi 5% wanita yang diobati dan paling sering menyerang vagina. Thrush juga dapat mempengaruhi mukosa oral atau lipatan tubuh (intertrigo), terutama pada penderita diabetes atau obesitas. Thrush lebih kecil kemungkinannya dengan eritromisin dibandingkan dengan tetrasiklin.
  • Resistensi bakteri mungkin terjadi namun kurang umum dengan penggunaan antibiotik oral dibandingkan dengan antibiotik topikal.
  • Antibiotik jerawat tidak mungkin menyebabkan kegagalan pil kontrasepsi oral tetapi jika Anda khawatir, tambahkan metode penghalang dan bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko Anda.

Demikian efek samping antibiotik oral pada pengobatan jerawat.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com