News & Events

merokok 3

EFEK MEROKOK PADA SPERMA Part 2

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 5, April, 2017


Efek merokok pada sperma. Merokok diketahui berpengaruh buruk pada kesuburan pria. Salah satunya adalah karena merokok dapat merusak sperma.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan efek merokok pada sperma, salah satunya adalah penelitian Mohamad Eid Hammadeh, PhD, profesor kebidanan dan ginekologi sebuah Universitas Saarland, Homburg / Saar, Jerman. Beliau meneliti sperma dari 53 perokok berat dan 63  non perokok di antara pria dari pasangan yang mencari bantuan untuk infertilitas.

Hasli penelitian efek merokok pada sperma menyatakan, merokok merusak sperma, membuat mereka cenderung untuk tidak membuahi telur – dan membuat embrio yang mereka buat kurang mungkin untuk bertahan hidup.

Apa yang tampaknya terjadi adalah bahwa sperma yang rusak kehilangan banyak kemampuan mereka untuk melawan molekul oksigen yang merusak – radikal bebas – dalam cairan mani. Menariknya, selain membuat sel sperma lebih sensitif terhadap stres oksidatif, merokok itu sendiri meningkatkan konsentrasi radikal bebas dalam cairan mani.

“Radikal bebas dapat menyebabkan fragmentasi DNA sperma serta masalah dengan motilitas sperma dan pembuahan,” kata Adam Griffin, MD, seorang dokter endokrinologi reproduksi dari University of Rochester, N.Y. Griffin tidak terlibat dalam studi Hammadeh.

Dalam penelitian sebelumnya, Hammadeh dan koleganya menunjukkan bahwa pria dengan masalah kesuburan memiliki tingkat lebih tinggi dari radikal bebas dibandingkan laki-laki subur.

“Kami memberitahu pasangan yang mencari pengobatan untuk kesuburan untuk berhenti merokok setidaknya tiga bulan sebelum kita mencoba fertilisasi in vitro, karena sperma membutuhkan setidaknya 3 bulan untuk diproduksi dari benih hingga menjadi sel sperma matang,” kata Hammadeh.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com