News & Events

merokok 2

EFEK MEROKOK PADA SPERMA Part 1

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 4, April, 2017


Efek merokok pada sperma. Merokok telah dikaitkan dengan terjadinya berbagai penyakit, salah satunya adalah masalah infertilitas. Pada artikel kali ini akan dibahas bukti penelitian tentang efek merokok pada sperma. Berikut ulasan efek merokok pada sperma .

Merokok merusak sperma, membuat mereka cenderung untuk tidak membuahi telur – dan membuat embrio yang mereka buat kurang mungkin untuk bertahan hidup. Temuan ini berasal dari studi sperma dari 53 perokok berat dan 63  non perokok di antara pria dari pasangan yang mencari bantuan untuk infertilitas.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pria yang merokok kurang subur dibanding pria yang tidak merokok. Sekarang tim peneliti yang dipimpin oleh Mohamad Eid Hammadeh, PhD, profesor kebidanan dan ginekologi sebuah Universitas Saarland, Homburg / Saar, Jerman, telah mempelajari mengapa demikian.

Sel sperma manusia membawa dua protein kecil, disebut protamine 1 dan protamin 2. Secara alami mereka berada dalam perbandingan yang sangat seimbang satu sama lain. Tapi pada perokok, Hammadeh dan rekan menemukan, sel sperma membawa terlalu sedikit protamine 2. Ketidakseimbangan ini membuat mereka sangat rentan terhadap kerusakan DNA.

Rantai DNA sperma ini memiliki satu atau dua huruf yang hilang. Dan ini tidak bisa diperbaiki,” kata Hammadeh. “Ketika kita menyuntikkan sperma yang rusak ini ke dalam sel telur, sperma tidak mampu membuahi sel. Dan bahkan jika berhasil membuahi, tingkat keguguran yang terjadi sangat tinggi.”

Merokok telah terbukti merusak sperma yang selanjutnya akan mengurangi kesuburan. Untuk anda yang terbiasa merokok, mari mulai kurangi aktifitas merokok anda.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com