News & Events

brat

DIET BRAT UNTUK MENGATASI DIARE

Posted by Ernest Admin on Thursday, 2, February, 2017


Apa itu diet BRAT?

Diet BRAT adalah singkatan dari Banana, Rice, Apple sauce, and Toast (pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang). Selain itu, ada sebagian dokter menambahkan lagi jenis makanan dengan singkatan T dan Y sehingga menjadi BRATTY, yang merupakan singkatan dari Tea and Yogurt (teh dan yogurt).

Makanan dalam diet BRAT tersebut penting dikonsumsi terutama 24 jam pertama diare yang dapat membantu meringankan diare serta memberikan vitamin penting, mineral, dan karbohidrat yang mudah dicerna (diserap). Menu diatas baik dikonsumsi untuk orang dewasa dan anak-anak, namun mengenai makanan untuk bayi diare dibawah usia 12 bulan harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Seperti kita ketahui diare merupakan gangguan pencernaan maka erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi.

Ada makanan yang menyebabkan diare menjadi parah, disisi lain ada makanana yang baik bahkan dianjurkan saat diare. Makanan untuk penderita diare yang terbaik yaitu yang memiliki sifat mudah dicerna, memiliki efek mengentalkan feses, dan memenuhi kebutuhan cairan. Makanan dalam diet BRAT dianjurkan untuk mengurangi diare.

Sedangkan makanan pantangan diare yang harus dihindari yaitu yang bersifat susah dicerna, membuang cairan tubuh, dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga memperparah diare.

Kelemahan dari diet BRAT

adalah tidak memiliki cukup nutrisi lain yang Anda butuhkan, seperti protein dan lemak. Anda bisa mengikuti diet ini untuk beberapa hari selama diare. Tapi Anda harus kembali ke diet normal Anda sesegera mungkin.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com