News & Events

obat1

DIARE SEBAGAI EFEK SAMPING OBAT

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 14, February, 2017


Benarkah obat tertentu dapat menyebabkan timbulnya diare? Efek samping obat apa sajakah yang dapat menimbulkan diare?

Benar. Efek samping obat obatan dapat berupa diare. Misalnya, antibiotik dan beberapa obat untuk kanker, depresi, diabetes, dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan diare. Jika Anda mengalami diare setelah mengkonsumsi obat baru, hubungi dokter Anda.

Efek Samping Antibiotik

Beberapa antibiotik memang memiliki efek samping obat menimbulkan diare. Untuk memastikan bahawa penyebabnya memang karean antibiotik, biasanya gejala diare akan berhenti ketika Anda menghentikan obat. Namun mengingat antibiotik harus diminum sampai tuntas dan tidak boleh dihentikan di tengah-tengah, apabila gejala diare sangat mengganggu (misalnya karena terlalu sering), sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri ke dokter agar dokter dapat mengganti dengan antibiotik lain yang efek samping obat nya lebih sedikit. Jangan lupa untuk tidak menghentikan antibiotik sebelum berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kekebalan terhadap antibiotik tersebut.

Anda dapat mencoba meminum suplemen yang mengandung probiotik (Lactobacillus) untuk mengurangi gejala diare akibat antibiotik. Namun, pastikan ada minum Lactobacillus ini tidak pada saat yang bersamaan dengan antibiotik karena antibiotik juga dapat membunuh Lactobacillus ini. Setidaknya berikan rentang waktu 2 jam sebelum atau sesudah antibiotik. Jika gejala menetap walaupun antibiotik sudah habis, segera periksakan diri ke dokter, mungkin saja ada penyebab lain dari diare Anda seperti infeksi. atau gangguan pada organ pencernaan lainnya.

Semoga bermanfaat!

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com