News & Events

dehidrasi

DIARE: HATI-HATI DEHIDRASI!

Posted by Ernest Admin on Sunday, 5, February, 2017


Diare menyebabkan Anda kehilangan cairan. Kehilangan terlalu banyak cairan dapat menyebabkan dehidrasi, terutama pada anak-anak. Bahkan penyebab utama dehidrasi pada bayi dan anak- anak adalah diare. Seorang anak mengalami dehidrasi jika ia tampak haus, mulut kering atau ada bintik lembut cekung di kepala (bayi), atau buang air kecil kurang dari biasanya atau menangis tanpa air mata. Orang dewasa mungkin memiliki gejala yang sama, serta mata cekung dan lesu. Hubungi dokter Anda jika Anda melihat tanda-tanda dehidrasi. Dokter mungkin merekomendasikan minum cairan rehidrasi oral, air, minuman tidak berkafein, minuman olahraga rendah gula, jus buah encer, dan kaldu.

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan gula-garam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah sebanyak lebih dari 60 persen total berat badan. Kandungan air pada kadar yang ideal di dalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembapkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung, media transportasi nutrisi untuk sel-sel tubuh dan menjaga kulit tetap sehat.

Sayang sekali, tidak ada alat pengukur yang bisa diandalkan jika tubuh membutuhkan air, terutama pada bayi dan anak kecil. Petunjuk yang cukup bagus adalah dari warna urine. Warna urine yang bening berarti tubuh Anda memiliki cukup cairan, sedangkan urine yang warna kuning atau kuning gelap akan jadi pertanda awal dari dehidrasi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com