News & Events

asi kurang

DIABETES SELAMA KEHAMILAN MENINGKATKAN RISIKO ASI SEDIKIT

Posted by Ernest Admin on Thursday, 18, May, 2017


Diabetes selama kehamilan meningkatkan risiko asi sedikit. Studi pertama untuk memeriksa diabetes ibu sebagai faktor risiko persediaan ASI rendah menemukan hubungan antara intoleransi glukosa dan kendala menyusui.

Diabetes selama kehamilan meningkatkan risiko asi sedikit, hal ini telah coba dibuktikan dalam sebuah penelitian. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes selama kehamilan menghadapi risiko lebih tinggi secara signifikan memiliki persediaan susu rendah.

Studi di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, menambah bukti bahwa diabetes selama kehamilan meningkatkan risiko asi sedikit.

Meskipun resistensi insulin umum terjadi pada wanita obesitas dan obesitas merupakan faktor risiko untuk hasil menyusui yang buruk, penelitian ini diyakini sebagai yang pertama untuk meneliti diabetes ibu sebagai faktor risiko untuk mendapatkan persediaan susu rendah.

“Penelitian ini menunjukkan pentingnya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana intoleransi glukosa ibu dapat menghambat menyusui, sehingga terapi yang ditargetkan dapat dikembangkan untuk meningkatkan suplai susu,” kata Sarah Riddle, MD, seorang dokter anak di Center for Breastfeeding Medicine di Cincinnati Children’s dan Penulis utama studi ini. “Ada strategi berbasis bukti yang terbatas untuk membantu ibu meningkatkan suplai susu, dan persediaan susu rendah sering disebut-sebut sebagai alasan ibu baru untuk berhenti menyusui lebih awal dari yang direncanakan.”

Penelitian dilakukan dengan menggunakan rekam medik elektronik yang ada dari 641 wanita yang melakukan kunjungan pertama ke Pusat Pengobatan Menyusui antara 1 Juni 2011, dan 31 Mei 2013. Semua wanita tidak lebih dari 90 hari pascamelahirkan dan sangat termotivasi untuk menyusui. Ibu dengan diagnosis pemberian susu rendah namun tidak ada masalah laktasi lainnya, seperti menempel ke payudara, dibandingkan dengan ibu dengan masalah menyusui namun tanpa suplai susu rendah. Hampir 15 persen dari kelompok pertama memiliki riwayat diabetes selama kehamilan, sementara hanya 6 persen dengan masalah laktasi namun tidak ada masalah persediaan ASI rendah yang memiliki diabetes ibu.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com