News & Events

katuk

DAUN KATUK UNTUK KANKER PAYUDARA part 1

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 24, October, 2017


Daun katuk untuk kanker payudara. Berbagai herbal kerap diteliti akan manfaatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit tertentu, tak terkecuali daun katuk. Bila diperhatiakan peneliti cenderung meneliti herbal untuk mengobati penyakit seperti kanker. Hal ini mungkin didasari pengetahuan mengenai kandungan antioksidan yang kaya pada sebagian besar herbal. Bagaimana dengan efek daun katuk untuk kanker payudara?

Antioksidan berperan penting dalam menghambat dan membasmi radikal bebas, sehingga memberi perlindungan kepada manusia untuk melawan infeksi dan penyakit degeneratif. Literatur menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan tinggi pada herbal dan tanaman sayuran.

Sebuah penelitian di Malaysia dilakukan untuk mengetahui aktivitas antioksidan total dan khasiat antikanker potensial pada tiga jenis sayuran lokal (di Malaysia) terpilih seperti Diplazium esculentum(paku shoot), Manihot utillissima (tapioka shoot) dan Sauropous androgynus (cekur manis/daun katuk).

Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui efek perebusan sediaan, pada aktivitas antioksidan total dimana sampel tunas segar tersebutdibandingkan dengan sampel tunas rebus. Dalam setiap kasus, aktivitas antioksidan dibandingkan dengan alpha-tocopherol dandua metode ekstraksi yang digunakan adalah metode organik dan dengan air. Selain itu, dua metode penelitian yang digunakanadalah tiosianat besi (FTC) dan asam thiobarbiturat (TBA) dengan absorbansi 500nm dan 532nm.masing-masing.

Dari penelitian ini, ditemukan bahwa ekstrak etanol tunas S.androgynus/ daun katuk dapat menghambat proliferasi garis sel kanker payudara, MDA-MB-231 dengan IC50nilai 53,33 μg / ml. Namun, kombinasi ekstrak etanol S.androgynusdan D.esculentum tidakmenghambat proliferasi garis sel MDA-MB-231. Sementaraekstrak etanol M.utilissima mampu menghambatproliferasi lini sel MCF-7 dengan nilai IC5052,49 μg / ml. Ekstrak etanol kombinasi S.androgynus dan D.esculentumtidak memberi nilai IC50 pada line sel MCF-7. Kesimpulannya terdapat potensi penggunaan ekstrak daun katuk untuk kanker payudara.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com