News & Events

katuk 03

DAUN KATUK DIMATA PARA BOTANIS

Posted by Ernest Admin on Saturday, 21, October, 2017


Daun katuk dimata para botanis. Botanis adalah mereka yang mempelajari berbagai hal tentang tumbuh- tumbuhan, meliputi genetika, pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik, serta evolusi yang berhubungan dengan tumbuhan. Daun katuk dimata para botanis tentu merupakan salah satu tumbuhan yang menarik terutama karena manfaat kesehatannya. Daun katuk memiliki nama latin Sauropus androgynus.

Sinonim

Ternyata daun katuk dimata para botanis memiliki berbagainama lain lho. Berikut beberapa diantaranya: Aalius androgyna; Aalius lanceolata; Aalius oblongifolia; Aalius retroversa; Aalius sumatrana; Agyneia ovata Poir; Andrachne ovata; Clutia androgyna; Phyllanthus strictus; Sauropus albicans; Sauropus albicans var. gardnerianus; Sauropus albicans var. Intermedius;Sauropus albicans var. zeylanicus; Sauropus convexus; Sauropus gardnerianus; Sauropus indicus; Sauropus lanceolatus.; Sauropus oblongifolius; Sauropus parviflorus; Sauropus retroversus; Sauropus scandens; Sauropus sumatranus; Sauropus zeylanicus.Sauropus androgynus L. Merr., Juga dikenal sebagai orang Malaysia sebagai Cekur Manis.

Deskripsi dan Distribusi Botani

Sauropus androgynus adalah tumbuhan semak tegak yang bisa mencapai ketinggian hingga 500 cm. Tanaman ini lembek dan memiliki cabang silinder atau siku. Daunnya berbentuk bulat telur atau berbentuk tombak, berukuran 2,0-7,5 cm dan tumpul. Bunga jantan berbentuk cakram, seluruhnya atau hampir seluruhnya. Buahnya hampir bulat, berdiameter 1,5 cm dan berwarnakeputihan. Tanaman ini banyak dibudidayakan dan berasal dari Asia Tenggara termasuk Bangladesh, India, Guangdong, Guangxi, Hainan, dan Yunnan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com