News & Events

Dampak konsumsi alkohol pada ASI

Dampak Konsumsi Alkohol pada ASI

Posted by alamaya on Friday, 10, July, 2015


Bagaimana dampak konsumsi alkohol pada ASI ? Alkohol memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, terutama bagi ibu menyusui. Minum minuman beralkohol saat menyusui sangat tidak baik. Asumsi yang mengatakan minum minuman beralkohol dapat meningkatkan jumlah ASI adalah salah. Jika Ibu mengkonsumsi minuman beralkohol saat menyusui justru malah menurunkan jumlah produksi ASI. Selain itu rasa dari ASI yang mengandung alkohol juga akan berubah.

Alkohol dapat masuk ke dalam ASI dan konsentrasinya sama dengan konsentrasi alkohol dalam aliran darah. Mungkin beberapa ibu berasumsi jika memompa ASI dan membuangnya setelah konsumsi alkohol akan menghilangkan kadar alkoholnya, padahal itu semua salah. Memompa dan membuang ASI setelah konsumsi alkohol tidak akan menyebabkan kadar alkohol tersebut cepat hilang. Untuk itu tidak disarankan Ibu menyusui konsumsi alkohol, karena akan berdampak pada bayi.  Dampaknya bisa dirasakan secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Sebuah penelitian yang dilansir oleh babycenter.com menunjukkan bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI dari ibu yang mengkonsumsi alkohol mengalami masalah perkembangan motorik pada saat menginjak usia 1 tahun. Meskipun jumlah alkohol yang masuk ke dalam ASI hanya dalam jumlah kecil, namun liver bayi belum dapat mencerna dengan baik seperti halnya liver orang dewasa. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan liver pada bayi. Dampak konsumsi alkohol pada asi secara langsung yang dapat dilihat adalah bayi menjadi cepat tertidur setelah meminum ASI, namun tidurnya tidak nyenyak dan gelisah sehingga waktu tidurnya menjadi berkurang.

Jadi disarankan bagi Ibu yang gemar konsumsi alkohol  untuk menunda keinginan konsumsi alkohol hingga masa menyusui bayinya selesai minimal hingga 6 bulan pertama sejak kelahiran bayinya.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com