News & Events

Cek Kadar Gula Darah Sendiri

Cek Kadar Gula Darah Sendiri

Posted by alamaya on Tuesday, 9, June, 2015


Sekitar 25 tahun yang lalu sangat jarang orang yang bisa Cek Kadar Gula Darah Sendiri. Sebagian besar orang mengecek kadar gula darahnya sesekali hanya ketika periksa ke dokter atau laboratorium klinik. Saat ini alat pengukur gula darah (glucose meter) sudah banyak dijual di pasaran dan cara penggunaanya pun sangat mudah sehingga kini glucose meter menjadi benda yang tak terpisahkan dari kehidupan kebanyakan penderita diabetes. Mereka perlu tahu dengan tepat kondisi tubuh mereka setiap waktu apakah gula darahnya sedang naik atau turun atau sudah dalam batas normal karena hal ini berkaitan dengan dosis obat-obatan yang dikonsumsi.
Dengan mengukur kadar gula darah secara berkala, Anda bisa mengetahui bagaimana tubuh anda bereaksi terhadap berbagai situasi yang berbeda-beda. Anda dapat mengetahui bagaimana makanan dan olah-raga mempengaruhi kadar gula darah anda. Bila gula darah anda tinggi maka anda harus mengubah pola makan dan konsumsi obat untuk menurunkan kadar gula darah anda. Diabetes yang tidak terkendali dapat menimbulkan banyak komplikasi serius dalam jangka panjang.

Bagaimana cara Cek Kadar Gula Darah Sendiri?
Pengukuran gula darah sangat mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tips berikut dapat membantu anda mendapatkan hasil pengukuran yang terbaik. (catatan: tips ini akan berbeda berdasarkan alat glucose meter yang digunakan):

  • Siapkan glucose meter yang akan anda gunakan, alkohol swab, lancing device dan jarum lancet yang baru, strip untuk mengukur gula darah
  • Cuci dan keringkan kedua tangan anda sebelum pengambilan sample untuk menghindari kontaminasi
  • Pasang jarum lancet ke lancing device, kemudian kokang lancing devicenya. Pastikan jarum lancet yang anda gunakan baru dan steril. Jarum lancet hanya digunakan sekali pakai saja.
  • Siapkan glucose meter, pasang chipnya dan pasang strip glucose yang akan digunakan tunggu hingga muncul tanda tetesan darah, berarti alat siap digunakan
  • Bersihkan ujung jari yang akan diambil sample darahnya dengan alkohol swab, jari yang digunakan sebaiknya bukan ibu jari atau kelingking, gunakanlah jari telunjuk, jari tengah atau jari manis, boleh tangan kanan atau kiri.
  • Tusukkan jarum ke ujung jari yang telah dibersihkan, kemudian tekan hingga darah keluar dan berbentuk bulatan
  • Serapkan darah yang keluar pada ujung strip glucose meter, usahakan darah cukup membasahi pipa pada strip supaya hasil pengukuran akurat. Terlihat bahwa glucose meter mulai menghitung mundur untuk mendeteksi kadar gula darah dalam sampel.
  • Tempelkan alkohol swab kembali pada ujung jari yang ditusuk untuk menghentikan pendarahan
  • Lihat hasil pengukuran gula darah anda pada glucose meter.
  • Kadar gula darah anda dikatakan normal bila hasil pengukuran menunjukkan angka ≤ 126 mg/dl dalam keadaan puasa, dan bila dalam keadaan tidak puasa/sewaktu ≤ 180 mg/dl.

Kini dengan semakin canggihnya teknologi tidak hanya kadar gula darah yang dapat diukur dengan alat sendiri dirumah, kadar kolesterol dan asam urat pun dapat diukur dengan alat sederhana dirumah, cara pemakaiannya pun hampir sama dengan glucose meter. Bahkan hanya dengan 1 alat anda dapat mengukur kadar gula darah, kolesterol dan asam urat sekaligus.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com