News & Events

katuk

BUDIDAYA TANAMAN HERBAL: KATUK

Posted by Ernest Admin on Monday, 23, October, 2017


Budidaya tanaman herbal: katuk. Katuk (Sauropus androgynus) atau “Sweet Leaf Bush” adalah tanaman abadi yang sering dibahas dalam budidaya tanaman herbal.  Karena berbagai manfaatnya kini tanaman katuk sering dibudidayakan, nah bila anda salah seorang yang tertarik dengan budidaya tanaman herbal terutama katuk, simak serba serbi cocoktanam katukberikut ini.

Katuk merupakan salah satu sayuran daun paling populer di Asia Selatan dan Asia Tenggara dan terkenal dengan hasil produksi sebagai sayur dan bumbu yang tinggi. Di Vietnam, penduduk setempat memasaknya dengan daging kepiting, daging babi cincang atau udang kering untuk dijadikan sup. Di Malaysia, biasanya digoreng dengan telur atau anchovy kering. Bunga dan buah keunguan kecil dari tanaman juga ternyata bisa dimakan. Di Indonesia, daun tanaman dikonsumsi dengan dibuat infusanya, ini diyakini bisa memperbaiki aliran ASI bagi ibu menyusui.

Tanaman ini menghasilkan protein berkhasiat sebanyak 6,4% yang rasanya seperti kacang polong. Pada 100 g daun kandungan nutrisinya adalah sebagai berikut: energi 59 kal, protein 6,4 g, lemak 1,0 g, 9,9 g karbohidrat, serat 1,5 g, abu 1,7 g, kalsium 233 mg, fosfor 98 mg, 3,5 mg besi, karotin 10,020 mcg (vitamin A), B, dan C 164 mg, dan 81 g air.

Cara Menumbuhkan Katuk

Katuk dapat tumbuh dengan usaha minimal. Katuk akan mentolerir tanah asam, tanah liat berat. Karena habitatnya di bawah hutan alami,tanaman ini lebih menyukai beradapada naungan (pohon lain atau atap). Cara termudah untuk mendapatkan tanaman katuk adalah dengan mengembang biakkan dengan cara stek. Mereka berakar dengan mudah di tanah yang lembab. Mereka juga berakar dengan baik dalam sistem aquaponics. Banyak situs online menjual stek dan tanaman katuk.

Tunas itu bisa dipangkas secara teratur di dekat tanah (sampai 6 inci). Tunas tanaman akan selalu beregenerasi. Bagian tanaman yang terutama dicari adalah dedaunan, olehkarenanya tanaman ini membutuhkan pupuk nitrogen atau kompos yang kaya untuk mendorong pertumbuhan yang cepat setelah panen. Selamat bercocok tanam!

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com