News & Events

Bolehkah ibu menyusui minum obat

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat ?

Posted by alamaya on Friday, 24, July, 2015


Bolehkah ibu menyusui minum obat ?

Ibu mengkonsumsi obat-obatan itu bukan berarti bisa mempengaruhi produksi ASI ibu ataupun bisa mempengaruhi rasa terhadap ASI ibu. Akan tetapi memang ada obat yang boleh diminum oleh ibu yang sedang menyusui dan ada pula yang tidak boleh diminum.
Oleh sebab itu, sebaiknya ibu mengonsultasikan kepada dokter apa saja obat-obatan yang boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Pemakaian obat oleh ibu yang menyusui juga harus dikonsultasikan dengan dokter
Lalu, bagaimana dengan bayi yang bereaksi setelah ibu meminum obat ?
Ketika anda mengkonsumsi obat-obatan, selalu perhatikan tanda atau gejala yang terjadi pada anak anda seperti : perubahan pola makan dan tidur, rewel, dan timbul kemerahan pada kulitnya. Jika anda melihat perubahan pada anak anda segeralah konsultasikan kepada dokter.

Agar itu tidak terjadi, maka perhatikanlah hal-hal berikut ini :
– Selektif dalam penggunaan obat, artinya apakah obat yang diminum tersebut juga akan dikeluarkan melalui ASI atau tidak.
– Obat diminum 30-60 menit setelah menyusui dan 3-4 jam sebelum menyusui berikutnya. Perhatikan obat yang anda minum tidak mencantumkan adanya efek samping terhadap ibu menyusui setelah meminumnya bukan berarti obat tersebut tidak memiliki efek samping terhadap peminumnya.
– Hindari obat tanpa data keamanan untuk ibu menyusui atau hentikan menyusui sementara.
– Sebenarnya obat-obat bebas itupun juga aman untuk dikonsumsi oleh ibu yang menyusui akan tetapi jauh lebih baik jika menghindari penggunaan obat bebas secara berlebihan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com