News & Events

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi ?

Posted by alamaya on Friday, 31, July, 2015


Pada dasarnya ibu yang sedang menyusui diperbolehkan untuk mengkonsumsi kopi tapi, tidak dalam jumlah yang banyak. Satu hari hanya 1-2 gelas dan tidak lebih dari itu. Karena kandungan yang terdapat pada kopi yaitu kafein yang memiliki sifat stimulansia yang dapat menjadi zat perangsang tubuh sehingga menjadi aktif dan akan sulit untuk beristirahat. Apabila ibu menyusui kesulitan beristirahat maka akan mempengaruhi produksi ASI dan kuantitas ASI.
Ibu menyusi yang hanya minum secangkir kopi dalam sehari itu tidak akan berpengaruh pada bayinya. Akan tetapi jika ibu mengkonsumsi kopi sebanyak 6 gelas dalam sehari maka kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan bayi dan bayi juga rewel. Ini dikarenakan kondisi tubuh bayi yang belum optimal, bila kandungan kafein masuk ke dalam tubuh bayi maka akan mengganggu kesehatannya.
Kandungan kafein tidak hanya terdapat didalam kopi tapi juga terdapat pada teh atau minuman bersoda, obat pereda demam atau nyeri, coklat, minuman ringan dan minuman penambah energi. Perhatikan kandungan kafein yang anda konsumsi setiap hari, jangan sampai kandungan kafein yang anda konsumsi setiap hari berlebihan. Sebab, itu akan mengganggu proses menyusui. Banyak orang yang mengatakan bahwa jika ibu menyusui minum kopi maka akan berpengaruh pada ASInya. Sebenarnya tidak akan berpengaruh jika ibu hanya mengkonsumsi sedikit tidak lebih dari satu gelas dalam sehari maka tidak akan mempengaruhi zat besi yang ada pada ASI.
Dengan demikian konsumsilah ASI dalam jumlah yang wajar jangan berlebihan. Agar proses menyusui tetap Lancar.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com