News & Events

keju lunak

BOLEHKAH IBU MENYUSUI MENGKONSUMSI KEJU LUNAK YANG TIDAK DIPASTEURISASI?

Posted by Ernest Admin on Sunday, 16, April, 2017


Bolehkah ibu menyusui mengkonsumsi keju lunak yang tidak dipasteurisasi? Ya, ibu menyusui bisa makan keju lunak. Keju yang tidak dipasteurisasi (dan produk susu yang tidak dipasteurisasi) dapat membawa bakteri yang disebut Listeria monocytogenes. Hal ini lah yang kerap menimbulkan kekawatiran untuk konsumsi keju lunak oleh ibu hamil dan menyusui.

Pembuatan keju seharusnya dibuat dari susu pasteurisasi (pasteurisasi membunuh organisme listeria), namun masih ada juga keju yang tidak menggunakan susu pasteurisasi. Listeriosis biasanya muncul sebagai penyakit ringan seperti flu pada orang dewasa sehat, namun dapat menyebabkan masalah serius bagi wanita hamil dan mungkin terkait dengan kelahiran mati dan keguguran (karena dapat diteruskan ke bayi melalui plasenta). Meski mengonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi tidak dianjurkan selama kehamilan, hal itu tidak dianggap sebagai masalah bagi ibu menyusui.

Per Lawrence (Menyusui: Pedoman untuk profesi medis 1999, hal 569), “Tidak ada bukti dalam literatur yang menunjukkan adanya transmisi Listeria melalui ASI.” Referensi ini menunjukkan bahwa satu-satunya hal yang mungkin mengganggu pemberian ASI adalah ketidakmampuan seorang ibu untuk menyusui karena Listeriosisnya cukup parah.

Makanan lain yang bisa membawa listeria yang dianggap aman untuk ibu menyusui (tapi tidak selama kehamilan):

  • Hot dog, daging makan siang, bologna, atau daging deli lainnya kecuali sudah dipanaskan berulang.
  • Keju yang lunak seperti Feta, queso blanco, queso fresco, Brie, keju Camembert, keju berair biru, dan Panela. Pilihlah produk yang dibuat dengan susu pasteurisasi.
  • Daging yang didinginkan atau makanan laut asap yang ditemukan di bagian toko yang didinginkan. Makanan yang tidak perlu pendinginan, seperti tuna kalengan dan salmon kalengan, boleh dikonsumsi. Dinginkan setelah dibuka.
  • Salad yang dibuat di toko seperti salad ham, salad ayam, salad telur, salad tuna, atau seafood salad.
  • Susu mentah atau makanan yang mengandung susu tidak dipasteurisasi di dalamnya.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com