News & Events

kuning 1

BEDAKAN KUNING YANG NORMAL DAN PENYAKIT KUNING PADA BAYI

Posted by Ernest Admin on Sunday, 6, August, 2017


Bedakan kuning yang normal dan penyakit kuning pada bayi. Bayi baru lahir sering tampak kuning pada kulit dan bagian putih mata, hal ini bisa normal dan disebut ikterus fisiologis. Namun kuning pada bayi harus dipantau, karena bisa juga kuning pada kulit bayi anda disebabkan oleh masalah kesehatan (penyakit kuning/ icterus patologis) yang lebih serius seperti infeksi virus/ bakteri, perdarahan internal, kerusakan hati, kekurangan enzim atau masalah pencernaan.

Ikterus fisiologis biasanya bermanifestasi setelah 24 jam pertama kehidupan. Hal ini dapat disebabkan karena menyusui, yang, dalam beberapa hari pertama kehidupan, seringkali belum optimal terutama jika produksi susu tertunda. Ini dikenal dengan istilah ikterus menyusui.

Penyakit kuning yang bermanifestasi sebelum 24 jam pertama kehidupan harus selalu dianggap patologis sampai terbukti sebaliknya. Dalam situasi ini, pemeriksaan diagnostik penuh dengan kecurigaan adanya infeksi dan hemolisis harus dilakukan.

Ikterus ASI/ breast milk jaundice (BMJ) biasanya timbul/ bermanifestasi setelah 4-7 hari pertama kehidupan. Puncak kedua dalam kadar bilirubin serum dicatat pada usia 14 hari.

Dalam praktek klinis, membedakan antara ikterus fisiologis dari ikterus ASI sangat penting agar durasi hiperbilirubinemia dapat diprediksi. Mengidentifikasi bayi yang mengalami dehidrasi sekunder akibat menyusui yang tidak memadai juga penting. Bayi-bayi ini perlu diidentifikasi lebih awal dan diberi dukungan ASI dan suplementasi formula jika diperlukan. Bergantung pada konsentrasi bilirubin serum, neonatus dengan hiperbilirubinemia bisa mengantuk dan menyusu dengan buruk.

Penting untuk menjaga pasokan ASI anda memadahi selama periode menyusui. Maka dari itu hadirlah ASIMOM sebagai suplemen tambahan yang dapat membantu melancarkan produksi dan pengeluaran ASI anda. Dibuat dengan teknologi NANO, menjadikan ASIMOM mudah diserap dan memberikan khasiat secara maksimal. Segera dapatkan ASIMOM di apotek dan toko obat terdekat!

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com