News & Events

refluks

BEBERAPA PENYEBAB REFLUKS EMPEDU

Posted by Ernest Admin on Saturday, 15, July, 2017


Beberapa penyebab refluks empedu. Refluks cairan empedu ke lambung dapat menjadi salah satu penyebab sakit maag. Sakit maag yang diakibatkan akibat refluks cairan empedu umumnya tidak sembuh dengan anti asam lambung biasa.  Terapi melalui penyesuaian gaya hidup juga mungkin kurang membantu, pada kasus yang cukup parah, dibutuhkan pembedahan untuk memperbaikinya. Wah mengerikan juga ya. Lalu apa sebenarnya penyebab refluks empedu?

Refluks empedu terjadi saat empedu – cairan pencernaan yang diproduksi di hati Anda – berbalik (refluks) ke dalam lambung dan tabung yang menghubungkan mulut dan lambung Anda (kerongkongan). Refluks empedu dapat menyertai acid reflux, istilah medis untuk asam lambung yang naik ke kerongkongan Anda. Namun, asam dan reflux empedu adalah kondisi yang terpisah. Empedu sering dicurigai sebagai penyebab refluks saat pasien sedikit merespon atau sama sekali tidak terhadap obat penekan asam yang kuat. Tapi ada sedikit bukti yang menunjukkan efek refluks empedu pada pasien.

Berikut beberapa penyebab refluks empedu:

  • Komplikasi operasi. Operasi lambung, termasuk pengangkatan total lambung (gastrektomi) dan operasi bypass lambung untuk menurunkan berat badan, bertanggung jawab untuk kebanyakan refluks empedu.
  • Tukak lambung. Ulkus peptik dapat menghalangi katup pilorus sehingga tidak cukup terbuka sehingga lambung bisa kosong secepat mungkin. Makanan yang stagnan di perut bisa menyebabkan tekanan lambung meningkat dan memungkinkan empedu dan asam lambung kembali ke kerongkongan.
  • Operasi kandung empedu (kolesistektomi). Orang yang telah menjalani pengangkatan kantong empedu mereka secara signifikan memiliki refluks empedu yang lebih banyak daripada orang-orang yang tidak menjalani operasi ini.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com