News & Events

Radikal Bebas

Bahaya Radikal Bebas

Posted by alamaya on Thursday, 12, March, 2015


Radikal Bebas adalah kata yang sering kita dengar, namun Apakah Radikal Bebas itu? Darimana asalnya dan apakah bahaya radikal bebas bagi tubuh manusia?

Radikal bebas yang ada di tubuh manusia berasal dari 2 sumber yakni endogen (dari dalam tubuh) dan eksogen (dari luar tubuh). Eksogen yang berasal dari luar tubuh seperti polusi udara, radiasi UV, sinar-X, pestisida dan asap rokok. Radikal bebas endogen adalah radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh sendiri seperti autoksidasi, oksidasi enzimatik dan respiratory burst.

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil, mempunyai satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan dan mudah berikatan dengan molekul penting di tubuh kita seperti DNA, protein, lemak. Molekul tersebut bersifat reaktif dalam mencari pasangan elektronnya dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain, sehingga mengubah struktur kimianya.
Pada saat terjadi infeksi, radikal bebas diperlukan untuk membunuh mikroorganisme penyebab infeksi. Namun paparan radikal bebas terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan sel. Ketika Radikal bebas menyerang satu molekul, molekul yang awalnya netral akhirnya menjadi radikal. Gawatnya, jika radikal bebas sudah terbentuk di dalam tubuh akan terjadi reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru yang jumlahnya terus bertambah sehingga dapat menyebabkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan adaptasi sel, bahkan kematian sel yang terlihat dengan timbulnya penyakit.

Sebenarnya radikal bebas diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu karena ia bagian dari sistem pertahanan tubuh kita. Radikal bebas bertugas melindungi tubuh terhadap serangan dari luar, misalnya virus penyakit. Namun, radikal bebas menjadi berbahaya jika jumlahnya berlebihan. Radikal bebas yang berlebihan akan mengganggu produksi hormon. Padahal hormon adalah generator dalam tubuh. Jika produksi hormon tidak baik atau kurang, organ-organ tubuh pun otomatis tak baik juga.

Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata. Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung dan kanker. Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan.

Radikal bebas yang mengambil elektron dari sel tubuh manusia dapat menyebabkan perubahan struktur DNA sehingga timbullah sel-sel mutan. Bila perubahan DNA ini terjadi bertahun-tahun, maka dapat menjadi penyakit kanker. Tubuh manusia, sesungguhnya dapat menghasilkan antioksidan tetapi jumlahnya sering sekali tidak cukup untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Atau sering sekali, zat pemicu yang diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan antioksidan tidak cukup dikonsumsi sehingga diperlukan antioksidan dari luar tubuh seperti buah-buahan dan suplemen antioksidan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com