News & Events

Glioblastoma multiforme

BAGAIMANA STROKE TERJADI? Part 1

Posted by Ernest Admin on Friday, 7, July, 2017


Bagaimana stroke terjadi? Stroke terjadi saat suplai darah ke otak Anda terputus atau berkurang. Ini menghilangkan otak Anda dari oksigen dan nutrisi, yang dapat menyebabkan sel-sel otak Anda mati.

Bagaimana stroke terjadi dapat disebabkan oleh arteri yang tersumbat (stroke iskemik) atau bocor atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Beberapa orang mungkin hanya mengalami gangguan sementara aliran darah ke otak mereka (serangan iskemik transien, atau TIA).

Stroke iskemik dan serangan iskemik transien

Bagaimana stroke terjadi. Stroke iskemik atau serangan iskemik transien (TIA) terjadi jika arteri yang memasok darah kaya oksigen ke otak menjadi terhambat. Banyak kondisi medis dapat meningkatkan risiko stroke iskemik atau TIA.

Misalnya, aterosklerosis (ath-er-o-skler-O-sis) adalah penyakit di mana zat lemak yang disebut plak terbentuk di dinding dalam arteri. Plak mengeras dan menyempit arteri, yang membatasi aliran darah ke jaringan dan organ (seperti jantung dan otak).

Plak di arteri bisa retak atau pecah (pecah terbuka). Platelet darah, yang merupakan fragmen sel berbentuk cakram, menempel pada lokasi luka plak dan menggumpal bersamaan untuk membentuk gumpalan darah. Bekuan ini bisa sebagian atau seluruhnya menghalangi arteri.

Plak dapat terbentuk di arteri manapun di dalam tubuh, termasuk arteri di jantung, otak, dan leher. Dua arteri utama di setiap sisi leher disebut arteri karotid (ka-ROT-id). Arteri ini memasok darah kaya oksigen ke otak, wajah, kulit kepala, dan leher.

Saat plak terbentuk di arteri karotid, kondisinya disebut penyakit arteri karotid. Penyakit arteri karotid menyebabkan banyak stroke iskemik dan TIA yang terjadi di Amerika Serikat.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com