News & Events

refleks 8

BAGAIMANA REFLEKS NEONATAL DIUJI? part 1

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 16, August, 2017


Bagaimana refleks neonatal diuji? Tes untuk refleks neonatal memeriksa apakah bayi bereaksi tepat terhadap rangsangan tertentu. Refleks adalah gerakan atau tindakan tanpa disengaja. Beberapa gerakan spontan, terjadi sebagai bagian dari aktivitas bayi yang biasa. Yang lainnya adalah tanggapan terhadap tindakan tertentu. Refleks membantu mengidentifikasi aktivitas otak dan saraf yang normal.

Bagaimana refleks neonatal diuji berbeda- beda tergantung refleks apa yang ingin diuji. Beberapa refleks hanya terjadi pada periode perkembangan tertentu. Berikut adalah bagaimana refleks neonatal diuji yang terlihat pada bayi yang baru lahir:

Refleks leher tonik asimetris

Bayi menunjukkan refleks leher tonik asimetris saat mereka berbaring dan kepala diputar lembut ke samping. Hal ini menyebabkan bayi mengambil posisi “pemain anggar”. Ini berarti jika kepala diputar ke kiri, lengan kanan melengkung dan lengan kiri lurus langsung dari badan dengan tangan sedikit terbuka. Jika kepala bayi berpaling ke kanan, bayi akan mengambil posisi berlawanan.

Refleks Babinski

Refleks Babinski diuji dengan membelai bagian bawah kaki bayi, dari atas telapak menuju tumit. Jari kaki bayi akan mengipas dan jempol kaki akan bergerak ke atas. Pada orang dewasa, kaki dan kaki akan meringkuk ke dalam.

Refleks Palmar

Refleks palmar diuji dengan menempelkan jari di telapak tangan bayi yang terbuka. Bayi harus memegang jari dan bahkan bisa memegang cengkeraman kuat pada jari.

Pemeriksaan reflex memang sederhana namun dapat membantu mengidentifikasi bila terdapat kelainan pada bayi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com