News & Events

injeksi

BAGAIMANA MENGHINDARI RASA SAKIT KETIKA MENYUNTIK INSULIN?

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 21, March, 2017


Bagaimana menghindari rasa sakit ketika menyuntik insulin? Banyak pasien diabetes mengakwatirkan rasa sakit suntikan insulin. Ada beberapa metode yang dapat membantu menghindari atau meminimalkan rasa sakit ketika menyuntik insulin, yaitu:

  • Memastikan otot di atas daerah yang Anda suntik serileks mungkin. Hal ini akan memungkinkan cubitan lemak didaerah suntikan yang lebih baik.
  • Gunakan insulin dan jarum suntik dengan suhu pada suhu kamar.
  • Suntikkan dengan mendorong jarum dengan cepat akan lebih mengurangi rasa sakit, dibanding menyuntik dengan perlahan.
  • Cobalah untuk tidak menggoyangkan jarum ketika Anda telah menyuntik dan jarum berada pada tubuh atau menarik jarum sambil menggoyangnya.
  • Selalu gunakan jarum suntik dengan merek yang teruji baik.
  • Selalu gunakan jarum suntik baru. Jarum yang pernah dipakai memiliki risiko kontaminasi bakteri, virus dan mikroorganisme lain. Disamping itu jarum yang telah dipakai akan berkurang ketajamannya, sehingga proses masuknya jarum ke tubuh akan lebih sulit dan kemungkinan menyakitkan.

Suntikan dan memar

Anda mungkin melihat sedikit darah menetes keluar setelah menyuntik insulin. Hal ini tidak perlu dikawatirkan, itu hanya berarti jarum telah melalui pembuluh darah kecil.

Jika hal ini terjadi, Anda mungkin melihat area yang timbul di kulit Anda diatas bekas darah, reaksi ini akan hilang selama beberapa jam berikutnya dan Anda akan memiliki sedikit memar yang bertahan selama beberapa hari. Karena inilah sering disarankan untuk memilih area suntikan yang berganti-ganti.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com