News & Events

insulin 11

BAGAIMANA MENCEGAH OVERDOSIS INSULIN

Posted by Ernest Admin on Sunday, 2, April, 2017


Bagaimana mencegah overdosis insulin. Insulin sebagai salah satu terapi diabetes melitus sering memiliki efek samping berupa hipoglikemi yang dapat berakir menjadi overdosis insulin. Berikut beberapa cara bagaimana mencegah overdosis insulin.

  • Berhati-hatilah saat menghitung waktu makan dan injeksi. Meluangkan waktu untuk memastikan dosis Anda akan menghemat waktu dan kerumitan overdosis. Bagi penderita diabetes yang akan melakukan olahraga, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat cukup dan menyesuaikan dosis insulin yang Anda pakai sesuai dengan anjuran dokter.
  • Jangan pernah tergoda untuk menunda makan atau camilan jika Anda telah menyuntik insulin. hal ini penting untuk mencegah overdosis insulin.
  • Jangan menyuntikkan sementara melakukan tugas-tugas lain, seperti menonton TV, bercakap- cakap atau melakukan tugas lain. Ini memungkinkan Anda lupa injeksi yang telah dilakukan. Berkonsentrasi hanya pada memberikan injeksi.
  • Hati-hati menyuntikkan insulin ketika Anda hipoglikemi. Idealnya, pastikan glukosa darah Anda meningkat ke tingkat yang aman dan kemudian suntikkan insulin dalam dosis insulin yang telah dijadwalkan.
  • Minta bantuan jika Anda memiliki kesulitan melihat angka-angka atau gradasi pada pena insulin atau jarum suntik.
  • Batasi konsumsi minuman keras atau hindari sama sekali jika bisa. Hal ini dikarenakan alkohol dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melepaskan glukosa. Apabila Anda menderita diabetes tipe 1, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol sama sekali, atau mengonsumsi tidak lebih dari 30 ml alkohol per hari. Pastikan Anda langsung mengonsumsi makanan ringan setelahnya.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com