News & Events

asi

BAGAIMANA MENCAIRKAN ASI YANG DIBEKUKAN

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 8, March, 2017


Mencairkan ASI sepertinya adalah pekerjaan sepele yang tidak perlu dipusingkan, tapi tunggu dulu. Metode yang salah dapat menyebabkan kandungan gizi dalam ASI justru hilang lho ibu. Berikut tips bagaimana mencairkan ASI yang dibekukan dan tetap mendapat manfaat maksimal dari ASI.

ASI dapat disimpan dalam lemari pendingin maupun freezer.  ASI yang dibekukan dapat disimpan lebih lama, namun ASI beku yang dicairkan kemungkinan akan mengalami perubahan warna, bau, dan konsistensi dibandingkan ASI segar. Sebagian bayi ada yang menolak ASI yang telah dibekukan, jika demikian ada baiknya memperpendek masa penyimpanan ASI.

  • ASI yang sudah dibekukan, tidak boleh langsung dikeluarkan pada suhu ruang. Beberapa penelitian menyatakan perubahan suhu yang cepat dapat memengaruhi kandungan antibodi yang terdapat dalam ASI yang bermanfaat bagi bayi.
  • Solusinya, ASI perah beku dari freezer dapat diletakkan terlebih dahulu di ruang pendingin pada kulkas, kemudian hangatkan dengan diletakkan pada panci berisi air hangat.
  • Jangan membekukan ulang ASI perah yang sudah dicairkan.
  • Untuk mencairkan ASI yang dibekukan, dapat menggunakan penghangat ASI elektrik yang bisa digunakan di rumah atau di mobil. Jika tidak tersedia, maka Anda dapat menempatkan botol penyimpan ASI perah ke dalam panci atau mangkuk berisi air hangat. Diamkan beberapa saat. Ingat, jangan menaruh panci atau baskom tersebut di atas kompor yang menyala.
  • Jika ASI dibutuhkan segera, maka Anda dapat menempatkannya di bawah air mengalir dengan suhu biasa. Lalu lanjutkan mengairi dengan air hangat. Jika belum cukup hangat, tempatkan botol di dalam mangkuk berisi air hangat. Untuk memeriksa apakah suhu ASI sudah sesuai untuk bayi, teteskan ke pergelangan tangan. Jika suhu sudah sesuai, bisa langsung diberikan pada bayi.
  • Jangan menghangatkan atau mencairkan ASI menggunakan microwave. Alat ini kemungkinan dapat menciptakan bintik-bintik pada botol ASI yang kemungkinan berbahaya bagi bayi. Selain itu, perubahan susu yang terlalu cepat pada ASI bisa menghilangkan kandungan antibodi yang dibutuhkan oleh bayi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com